Gubernur Bali Wayan Koster meresmikan Gedung Baru DPRD Bangli, Jumat (30/12). (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – DPRD Bangli kini punya gedung baru. Peresmian gedung DPRD dilaksanakan sekaligus dengan peresmian gedung BMB dan gedung baru RSU Bangli, Jumat (30/12). Gubernur Bali Wayan Koster yang hadir meresmikan berharap dengan adanya gedung baru, anggota dewan di Bangli rajin ngantor dan produktif.

“DPRD gedungnya bagus, supaya rajin-rajin ngantor, jangan bolos-bolos,” kata Koster.

Dengan adanya gedung baru, dewan di Bangli juga diharapkan bisa lebih produktif menghasilkan regulasi kebijakan untuk mendukung pemerintah kabupaten Bangli, serta memberi manfaat secara produktif bagi kepentingan masyarakat di Bangli. “Serta tentunya inline dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Bali,” harapnya.

Terkait dengan peresmian gedung 1A dan 1B RSU Bangli, Koster berpesan kepada Direktur RS setempat agar meningkatkan sumber daya manusia (SDM), peralatan serta tata kelola rumah sakit. “Jangan cuma fisiknya bagus. Di dalamnya juga harus bagus. Sumber daya manusianya harus bagus, peralatan harus bagus, tata kelola harus bagus dan sistemnya harus bagus. Kalau mau belajar, belajar di provinsi. Provinsi itu semua tata kelolanya bagus,” kata Koster.

Baca juga:  Ditanya Insentif Petugas Kesehatan Tangani COVID-19, Gubernur Koster Jawab Begini

Dalam kesempatan itu, Koster juga menyampaikan komitmennya mendukung pembangunan Kabupaten Bangli. Di tahun 2023, pihaknya mengaku telah mengalokasikan bantuan keuangan khusus (BKK) untuk kabupaten Bangli sebesar Rp 70 miliar.

Sementara itu, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengungkapkan gedung 1A dan 1B RSU Bangli dibandung dengan dana pinjaman sebesar Rp 71 miliar lebih dan surplus BLUD Rp 36 milyar lebih. Pembangunan gedung baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bangli dan masyarakat Bali pada umumnya.

Baca juga:  Megawati Ingatkan Jangan Gunakan Cara Negatif untuk Menang

Direncanakan pembangunan gedung RSU Bangli tahap II akan berlanjut di tahun 2023. Pemkab Bangli ingin mewujudkan cita-cita menjadikan RSU Bangli sebagai pusat layanan kesehatan masyarakat di Bali Timur pada umumnya.

Direktur RSU Bangli RSU Bangli dr. I Dewa Gede Oka Darsana mengatakan pihaknya saat ini terus melakukan terobosan dan pengembangan layanan. Adapun beberapa layanan baru yang dikembangkan dan disediakan di gedung yang baru diantaranya layanan bedah urologi, bedah onkologi, bedah syaraf, layanan spesialis gigi bedah mulut, spesialis gizi klinik dn beberapa layanan lainnya. “Terkait layanan yang kami sampaikan tadi, kami juga sudah melakukan koordinasi dan dua Minggu lalu, kami telah menandatangi kerjasama dengan BPJS kesehatan cabang Klungkung yang bertujuan agar layanan-layanan tersebut tentunya dapat dibiayai dengan pembiayaan asuransi yang dikelola BPJS kesehatan. Sehingga masyarakat yang mengalami masalah kesehatan dan dirujuk ke RSU Bangli tidak lagi terbebani biaya kesehatan,” jelasnya.

Baca juga:  Gubernur Koster Dorong Kegairahan Generasi Milenial dalam Berkesenian

Oka Darsana berharap masyarakat Bangli dapat memanfaatkan fasilitas layanan yg ada di RSU Bangli sebagai tempat untuk mendapatkan terapi pengobatan atau yang sifatnya kuratif. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *