Bupati Karangasem, I Gede Dana melakukan pemantauan aktivitas pengawasan dan pemeriksaan faktur pajak galian C yang berada di Banjar Dinas Uma Anyar, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, pada Selasa (27/12). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati Karangasem, I Gede Dana melakukan pemantauan aktivitas pengawasan dan pemeriksaan faktur pajak galian C yang berada di Banjar Dinas Uma Anyar, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, pada Selasa (27/12). Selain itu, ia juga memastikan kondisi infrastruktur ruas jalan di Banjar Dinas Uma Anyar, Desa Ababi, Kecamatan Abang.

Gede Dana, mengungkapkan, kalau pihaknya sempat berbincang dengan petugas portal dan beberapa sopir truk galian c yang melintas. Dan para sopir truk sudah ikut dan taat aturan dengan mengambil dan membayar faktur pajak MBLB. “Kami selaku Pemerintah Daerah tentu sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas ketaatan pengusaha Galian C maupun para sopir truk yang membeli material, dalam memenuhi kewajibannya membayar faktur Pajak MBLB,” ucap Gede Dana.

Baca juga:  Desa Dalung Diterjang Puting Beliung

Menurut, Gede Dana, kalau perbaikan dan kondisi infrastruktur jalan sangat mempengaruhi kenaikkan PAD di sektor Galian C. Dimana jalan yang bagus dan rata serta aman, akan menarik para sopir untuk mengambil atau membeli material Galian C di Uma Anyar dan di Butus, utamanya di lokasi usaha galian C berizin.

“Kami melihat perbaikan infrastruktur jalan yang telah dilakukan, berdampak positif bagi peningkatan jumlah truk Galian C yang membeli pasir di lokasi ini, karena mereka merasa lebih aman dan waktu tempuh mereka juga lebih cepat. Jadi, dari awalanya hanya satu rit perhari, karena jalannya bagus dan aman mereka sehari bisa sampai dua rit,” katanya.

Baca juga:  Antisipasi Terjangan Lahar Besar, Yeh Sah Dinormalisasi

Dia menjelaskan, berdasarkan penjelasan dan data petugas portal, pasca dilakukannya perbaikkan ruas jalan, untuk pemasukan daerah dari galian c di Uma Anyar saat ini mengalami peningkatan hingga 150 persen dari bulan-bulan sebelumnya.

Sedangkan Kepala BPKAD Karangasem, I Wayan Ardika, menjelaskan, peningkatan PAD di sektor pajak MBLB naik signifikan. “Untuk target PAD kita Tahun 2022 ini sebesar Rp87,5 miliar, namun saat ini target sudah terlampaui dimana hingga Desember 2022 ini total PAD dari pajak MBLB sudah mencapai Rp95,1 miliar,” jelas Ardika. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Bupati Gede Dana Tinjau Sejumlah Proyek, Ingatkan Rekanan Kedepankan Kualitas
BAGIKAN