Gubernur BI, Perry Warjiyo memperlihatkan metode pembayaran digital dengan QRIS. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sistem pembayaran digital semakin berkembang di Indonesia lewat hadirnya QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) dan berbagai macam e-wallet. QRIS merupakan terobosan Bank Indonesia untuk menstandarkan QR kode pembayaran digital.

QRIS sendiri merupakan satu QR kode yang dapat digunakan untuk semua model pembayaran yang bekerja sama dengan PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran), seperti Link Aja, Gopay, OVO, DANA, dan lainnya.

Kini, QRIS juga sudah bisa digunakan di luar negeri, lho. Salah satunya di Thailand. Sejumlah negara di ASEAN juga sedang dijajaki untuk kerja sama ini sehingga orang Indonesia tak perlu bawa uang tunai dalam jumlah besar saat liburan, sekolah, maupun bekerja di luar negeri.

Baca juga:  Tips Atasi Pusing dengan Cara Sederhana

Pembayaran digital memiliki berbagai kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan. Berikut lima alasan yang bisa kamu simak sebelum memutuskan menggunakan digital payment untuk transaksi keseharianmu :

1. Mempercepat Proses Transaksi

Proses transaksi akan lebih cepat menggunakan pembayaran digital karena kamu hanya perlu melakukan scan kode QR tanpa harus mengantre atau menunggu uang kembali.

2. Tidak Perlu Sedia Uang Kembalian

Kemudahan ini akan dirasakan bagi penjual. Jika dengan pembayaran cash kamu perlu menyediakan nominal uang kecil untuk uang kembali, dengan pembayaran digital kamu tidak perlu lagi melakukannya. Pembeli secara mudah dapat menuliskan nominal pembayaran pada aplikasi e-wallet, sehingga penjual tidak perlu memberikan uang kembalian.

Baca juga:  Sering Nyeri Sendi? Hati-hati Penyakit Asam Urat

3. Transaksi Lebih Aman

Risiko menerima uang palsu saat transaksi jual beli cukup tinggi, apalagi jika kamu tidak bisa membedakan uang palsu dan uang asli. Namun, dengan adanya pembayaran digital kamu tidak perlu khawatir terhadap peredaran uang palsu. Selain mengurangi risiko peredaran uang palsu, kamu juga tidak perlu membawa dompet ke mana-mana, cukup smartphone saja.

4. Riwayat Transaksi Tercatat Otomatis

Jika kamu mudah lupa, tenang saja karena dengan menggunakan pembayaran digital, transaksi kamu akan tercatat otomatis pada aplikasi e-wallet yang kamu pakai. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah menghitung pengeluaran.

Baca juga:  Gojek Dukung Digitalisasi Pasar Banyuasri, Ini Sejumlah Kemudahan yang Dihadirkan

5. Mengikuti Perkembangan Zaman

Pembayaran digital merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi. Seiring berjalannya waktu, metode pembayaran ini juga akan semakin berkembang dan semakin banyak digunakan.

Sebaiknya kamu segera beralih ke metode pembayaran ini agar kamu tidak ketinggalan serta dapat merasakan kemudahannya dan keuntungannya. Mumpung sekarang sedang libur Natal dan Tahun Baru, gak ada salahnya kamu coba pembayaran digital untuk bertransaksi.(kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *