Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kesehatan mental sangat penting di tengah era disrupsi ini. Bahkan, kesehatan mental menjadi topik yang sering diperbincangkan publik karena makin meningkatnya orang yang mengalami gangguan mental hingga mencari jalan pintas mengakhiri hidup.

Gangguan mental diakibatkan oleh berbagai macam hal. Dikutip dari berbagai sumber, penyebabnya seperti beban pikiran yang banyak, gangguan kecemasan, ketakutan yang melanda, rasa yang tidak nyaman, dan masih banyak lagi.

Kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental :

Baca juga:  Antisipasi Gangguan Mental Hadapi COVID-19, Layanan Curhat Online Disiapkan

1. Beristirahat dari Smartphone

Smartphone menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, tapi ada kalanya terlalu lama memegang smartphone membuat mata dan pikiran lelah. Mengistirahatkan diri sejenak dari smartphone setelah bekerja atau berkegiatan adalah pilihan yang tepat agar pikiran dapat lebih rileks sejenak.

2. Kumpul dengan Keluarga

Keluarga adalah rumah yang pertama dan utama. Jika kamu lebih sering pergi bekerja dan jarang di rumah, kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk berkumpul bersama keluarga di malam hari atau ketika hari libur. Berbincang bersama keluarga akan membuatmu lupa dengan beban pikiranmu di tempat kerja.

Baca juga:  COVID-19 Belum Mereda, Ini Harapan Danrem

3. Meditasi atau Yoga

Keheningan yang ditimbulkan saat melakukan meditasi atau yoga dapat menghilangkan stres. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyewa pelatih, kamu cukup mengakses video meditasi atau yoga yang ada di Youtube dan mengikutinya.

4. Manajemen Waktu yang Baik

Jika pekerjaanmu menumpuk dan bingung mengerjakan yang mana terlebih dulu, kamu bisa melakukan manajemen waktu dengan membuat to do list atau skala prioritas. Dengan begitu, pekerjaanmu akan lebih teratur dan tidak menimbulkan stres.

Baca juga:  Gen Z, Kesehatan Mental dan Isu Ekonomi

5.  Curhat dengan Orang Terdekat

Saat merasa tertekan atau berada di situasi yang sulit, sebaiknya kamu menceritakan beban tersebut kepada orang terdekat. Dengan bercerita pada orang lain, beban yang ada di pundak kamu akan sedikit berkurang. Selain itu, mungkin saja orang tersebut akan memberikan saran-saran yang dapat membantu kamu.

Itu tadi 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Meski pekerjaanmu banyak, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan mentalmu, ya! (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *