Gede Sukadana selaku Kaur Keungan Desa Tianyar Barat dibebaskan hakim dalam kasus dugaan korupsi bedah rumah. Sukadana didampingi Bimantara dkk., saat pembebasan di LP Karangasem. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – JPU mengajukan kasasi terhadap putusan terdakwa Kaur Keuangan Desa Tianyar Barat, I Gede Sukadana. Putusan kasasi untuk Sukadana, sudah diterima oleh pihak terdakwa, Rabu (21/12).

Di tingkat kasasi, majelis hakim di Jakarta atau Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi JPU dari Kejari Karangasem. MA menguatkan putusan Pengadilan Tipikor Denpasar, yakni membebaskan Sukadana dari segala dakwaan. “Ya, kami baru saja menerima putusannya. Majelis hakim kasasi, menolak kasasi pihak JPU, dan menguatkan putusan Pengadilan Tipikor Denpasar,” ucap kuasa hukum Sukadana, I Gede Putu Bimantara Putra, S.H., I Ketut Bakuh, S.H, M.H, Kadek Ananta Husada Arsa, S.H., dan Pande Gede Jaya Suparta, S.H., Rabu (21/12).

Baca juga:  Terpidana Kasus Persetubuhan dengan Anak di Bawah Umur Ditahan

Bimantara menambahkan, bahwa bunyi putusan MA adalah menolak permohonan kasasi dari JPU pada Kejaksaan Negeri Karangasem. Atas putusan MA itu, Sukadana dibebaskan dari Lapas Karangasem.

Sebelumnya, dalam kasus bedah rumah yang merugikan keuangan negara hingga Rp 4,5 miliar bantuan PHR Badung, tak satu pun para terdakwa dibebankan membayar uang pengganti oleh majelis hakim Tipikor Denpasar. Dalihnya para terdakwa tidak mencari untung dalam kasus bedah rumah itu.

Baca juga:  Dewan Pers Putuskan Podcast Tempo Soal Erick Thohir Langgar KEJ

Sebagaimana diketahui, terdakwa kasus bedah rumah di Desa Tianyar Barat, yang dananya bersumber dari PHR Pemkab Badung dengan nilai Rp 20 miliar lebih, divonis berbeda. Kades Tianyar Barat, I Gede Agung Pasrisak Juliawan, dihukum enam tahun.

Kaur Keuagan, terdakwa I Gede Sukadana dibebaskan dari segala tuntutan jaksa. Terdakwa lainnya, I Gede Tangun, Ketut Putrayasa dan I Gede Sujana masing-masing dijatuhi pidana penjara selama empat tahun dan denda Rp 50 juta, subsider empat bulan kurungan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Denpasar. (Miasa/balipost)

Baca juga:  Satpol PP Tertibkan Enam PKL
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *