Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam saat Apel Gelar Kesiapan Pengamanan VVIP kunker wapres. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Wakil Presiden RI K. H. Ma’ruf Amin bersama istri, Hj. Wury Estu Ma’ruf Amin melaksanakan kunjungan kerja (kunker) menghadiri Konferensi Islam tingkat Asean ke-2 pada 22 hingga 23 Desember 2022. Terkait hal tersebut, Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam pimpin Apel Gelar Kesiapan Pengamanan VVIP kunker wapres, Rabu (21/12) di Lapangan Makorem, Jalan Sudirman, Denpasar.

Dalam amanat Pangdam IX/Udayana dibacakan Danrem Choirul Anam mengatakan pihaknya wajib memberikan pengamanan VVIP secara maksimal. “Pengamanan VVIP sudah sering kita laksanakan baik pada event nasional maupun internasional. Namun dalam setiap pengamanan harus tetap diperlakukan sebagai operasi baru. Segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Baca juga:  Imigrasi Denpasar Deportasi Pria Asal Republik Ceko

Dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas, tanggung jawab serta rantai komando yang efektif dan efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan baik objek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Sedangkan apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek dan meyakinkan kesiapan pasukan pengamanan, baik secara perorangan maupun satuan sesuai prosedur tetap (protap) VVIP.

Dengan demikian saat pelaksanaannya tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur. Apel ini juga sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun serta bila terjadi kendala dapat segera diatasi. “Saya perintahkan kepada seluruh personel Satgas Pam VVIP agar segera mempelajari tugas dari komando atas untuk meyakinkan bahwa tugas dimengerti dengan jelas. Laksanakan koordinasi yang baik dengan semua unsur pengamanan untuk mengetahui batas-batas setiap ring pengamanan, yang terpenting utamakan faktor keamanan personel dan material,” tegasnya.

Baca juga:  Isu Penculikan Anak Marak, Kapolres Karangasem Minta Warga "Filter" Informasi Beredar

Personel yang terlibat pengamanan agar memahami, memedomani dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Diharapkan kunjungan kerja wapres beserta rombongan berjalan aman, tertib dan lancar. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN