Petugas kepolisian dari Polsek Nusa Penida saat melakukan pengamanan di objek wisata Crystal Bay. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kawasan Nusa Penida mendapat perhatian khusus untuk pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru 2023. Pihak kepolisian mulai mengamankan sejumlah tempat wisata di wilayah kepulauan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan menjelang akhir tahun ini. Ini sebagai upaya pencegahan tindak kriminalitas, yang berpotensi terjadi saat kunjungan ramai dan adanya perayaan tertentu dalam menyambut Natal maupun Tahun Baru 2023.

Petugas kepolisian secara rutin melakukan patroli ke tempat-tempat wisata di Nusa Penida. Seperti yang dilakukan Selasa (13/12), petugas kepolisian dari Polsek Nusa Penida khusus melakukan patroli di objek wisata Crystal Bay, Desa Sakti, Nusa Penida. Setiap wisatawan baik mancanegara maupun nusantara mendapat sorotan khusus dan mengedepankan langkah-langkah pencegahan.

Baca juga:  Polisi Selidiki Dugaan Penganiayaan Oleh Anggota DPR RI  

Plt Kapolsek Nusa Penida AKP I Nyoman Suparwata, menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, pihaknya menegaskan wajib memberikan rasa aman kepada wisatawan dan warga sekitar. Sekaligus memastikan mereka datang ke Nusa Penida, memang bertujuan untuk berwisata, bukan untuk melakukan hal-hal yang berpotensi mengganggu keamanan wilayah. “Saat patroli itu, kami juga tekankan agar berhati-hati dengan cuaca sekitar, dan waspada terhadap barang bawaan sendiri. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan, segera melapor ke petugas pengamanan atau langsung ke Kantor Polsek Nusa Penida,” katanya.

Baca juga:  Tiga Kali Berturut-turut!! Hari Ini Bali Kembali Ciptakan Rekor Baru Korban Jiwa COVID-19

Patroli juga gencar dilakukan di sejumlah tempat wisata lainnya. Pihak kepolisian juga terus memberikan pesan-pesan kepada warga maupun wisatawan agar tetap waspada selama berwisata Nusa Penida dan ikut bersama-sama berkontribusi dalam mewujudkan keamanan dan situasi yang kondusif.

Dipihak lain, Satgas II Preventif Ops Cipta Aman Agung 2022 dan Anggota SSGS Samapta Polres Klungkung juga melakukan patroli ke sejumlah titik keramaian lainnya. Sasarannya yaitu pusat perbelanjaan seperti di Pasar Senggol, Pasar Galiran dan kompleks pertokoan, serta dengan menyusuri perkantoran, perbankan serta pemukiman padat penduduk, hingga di Jalan Bypass Ida Bagus Mantra. KBO Sat Samapta ipda I Gusti Lanang Ngurah, menambahkan patroli juga menyasar sejumlah tempat yang dijadikan tempat tongkrongan para remaja di malam hari.

Baca juga:  KMP Trisna Dwitya Kandas, Puluhan Penumpang Dievakuasi

Langkah antisipasi perlu dilakukan di tempat-tempat umum ini, untuk memastikan memasuki akhir tahun ini situasi tetap aman dan kondusif. Guna mencegah terjadinya curat, curas dan curanmor. “Dengan hadirnya Polri di tengah-tengah masyarakat, dalam melaksanakan patroli antisipasi gangguan kamtibmas, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat melakukan aktivitas pada malam hari. Kami akan lakukan ini terus sesuai arahan pimpinan,” Kata Ipda I Gusti Lanang Ngurah. (Bagiarta/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *