Sarasehan Festival Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Seni Keagamaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimas Hindu Kementerian Agama, di Yogyakarta, Minggu (4/12). (BP/Istimewa)

YOGYAKARTA, BALIPOST.com – Koordinator Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana mengajak masyarakat khususnya umat Hindu untuk terus memperkuat moderasi beragama melalui seni dan budaya. Seni-budaya bisa menjadi jembatan di tengah keragamaan dan perbedaan.

Ari dalam pidato kunci di acara Sarasehan Festival Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Seni Keagamaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimas Hindu Kementerian Agama, di Yogyakarta, Minggu (4/12) mengatakan setiap atraksi seni, para seniman memainkan peran personal sekaligus juga peran kolektif. Masing-masing penampil yang membawakan karya bersama harus bertoleransi dan berkolaborasi sehingga tercipta karya seni yang indah.

Baca juga:  Saham BBRI Naik 61,5 Kali Lipat Sejak IPO, Erick Thohir Berikan Apresiasi

Serasehan dihadiri oleh Dirjen Bimas Hindu I Nengah Duija, Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr Al-Makin, dan Cendekiawan Ulil Absar Abdala dan Guru Besar ISI Surakarta dan Prof. Dr. Nanik Sri Prihatini.

Ari Dwipayana dikutip dari rilisnya menyampaikan Candi Prambanan merupakan simbol yang paling kasat mata tentang aktualisasi moderasi beragama yang dicontohkan oleh nenek moyang di masa lalu. Keharmonisan ini kemudian terekam dan ditulis oleh Mpu Tantular dalam kitab kekawin Sutasoma, dengan sesanti Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga:  Disepakati, Pemanfaatan Dua Candi untuk Kegiatan Keagamaan

Selain itu, Ari juga mengingatkan bahwa nenek moyang telah memadukan beragama dengan berkesenian. Hal itu terlihat jelas dalam panel relief Tarian Siwa Tandawa dan berbagai jenis alat musik yang terukir di Candi Prambanan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *