Bertepatan dengan hari Kajeng Kliwon, Sasih Kanem dalam kalender Bali, Rabu (30/11), Desa Adat Kuta kembali menggelar upacara Nangluk Merana secara normal. (BP/edi)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Kamis (1/12), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Desa Adat Kuta Kembali Gelar “Nangluk Merana”

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bertepatan dengan hari Kajeng Kliwon, Sasih Kanem dalam kalender Bali, Rabu (30/11), Desa Adat Kuta kembali menggelar upacara Nangluk Merana secara normal. Upacara ini, digelar seperti tahun-tahun sebelum masa pandemi Covid-19.

Menurut Bendesa Adat Kuta, I Wayan Wasista, untuk upacara Nangluk Merana tahun ini, kembali digelar secara normal. Meski sebelumnya, selama dua tahun saat pandemi Covid-19, prosesi Nangluk Merana digelar secara ngubeng. Untuk rangkaian upacara kali ini, pelaksanaannya dimulai dari pagi hari, yang diawali di Pantai Kuta yakni di depan pura segara dengan prosesi nangluk di segara, sekaligus nuwur tirta di telengin segara, yang kemudian di-pundut ke Pura Dalem.

Baca juga:  Teridentifikasi, Penyerang dan Perampas Senjata Brimob

Selengkapnya baca di sini

2. Tambahan Kasus COVID-19 Bali Terus Turun, Korban Jiwa Justru Naik

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Kamis (1/12), tambahan kasus COVID-19 Bali masih menunjukkan tren penurunan. Jumlah tambahan kasus ada di 2 digit.

Sementara itu, untuk korban jiwa justru menunjukkan peningkatan. Dibandingkan sehari sebelumnya, jumlah korban jiwa hari ini naik 2 kali lipat.

Selengkapnya baca di sini

3. UMK Gianyar Direkomendasikan Naik 6,8 Persen

Baca juga:  Dua Hari Bali Laporkan Kabar Duka!! Tambahan Kasus COVID-19 di Atas 70 Orang

GIANYAR, BALIPOST.com – Setelah Pemerintah Provinsi menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) Bali 2023, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Gianyar menggelar rapat untuk menentukan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023. Hal ini diungkapkan Kepala Disnaker Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani, Kamis (1/12).

Ia mengatakan sebelumnya Disnaker telah menggelar rapat dengan dewan pengupahan. “Kemarin kami sudah rapat dengan dewan pengupahan bersama Kabid dan Sekdis terkait penentuan UMK,” ucapnya.

Selengkapnya baca di sini

4. Tiga Bulan Berlalu, Rekonstruksi Pembunuhan Agung Mirah Akhirnya Digelar

DENPASAR, BALIPOST.com – Polda Bali merilis pengungkapan kasus pembunuhan I Gusti Agung Mirah Agung Lestari (42), Senin (29/8). Pelakunya, Nova Sandi Prasetia (31) dan Rahman (28).

Baca juga:  Tambahan Korban Jiwa COVID-19 Nasional Balik ke Empat Puluhan Orang

Berselang tiga bulan, rekonstruksi pembunuhan disertai perampokan ini digelar di Mapolda Bali, Kamis (1/12). Kedua pelaku dihadirkan, sementara korban digantikan petugas.

Selengkapnya baca di sini

5. Buronan Interpol Ditangkap di Berawa

MANGUPURA, BALIPOST.com – Tim gabungan Opsnal Reskrim Polsek Kuta Utara dan NCN Interpol Polri menangkap buronan, Steven Durina asal Cekoslovakia di vila, Jalan Pantai Berawa, Desa Tibuneneng, Kuta Utara, Kamis (1/12). Steven Durina masuk DPO dalam kasus perpajakan.

Kapolsek Kuta Utara Kompol Putu Diah Kurniawandari menyampaikan, pihaknya mengerahkan anggota Opsnal Reskrim untuk bergabung dengan NCN Interpol Polri melakukan pencarian pelaku. “Pelaku ini terlibat kasus perpajakan dan pidana lainnya,” ujarnya.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN