Bupati Karangasem, I Gede Dana. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Berbagai terobosan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem melalu Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Karangasem (Diskop UKM Perindag) Karangasem untuk memperkuat ekonomi kerakyatan. Salah satunya memberikan pelatihan pengolahan produk lokal serta pemasaran produk yang dihasilkan.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, Kamis (24/11), mengungkapkan, berbagai rancangan atau terobosan yang dilakukan di dalam penguatan ekonomi kerakyatan, 2023 mendatang. Sehingga, kedepannya produk-produk lokal yang dihasilkan bisa bersaing dipasaran serta memiliki kualitas yang bagus.

Baca juga:  Komunitas Semeton PCX Gianyar, Isi Liburan Lebaran Sambil Jajal Rute Baru Bali Utara

“Dalam upaya penguatan ekonomi kerakyatan ini, nantinya kita akan perkuat UMKM yang ada. Caranya dengan lebih banyak memberikan pelatihan-pelatihan terutama dengan pemanfaatan produk-produk lokal. Baik produksi pertanian maupun kerajinan-kerajinan dan olahan-olahan makanan,” ucap Gede Dana.

Sementara itu, Kepala Diskop UKM Perindag Karangasem, I Gede Loka Santika, menjelaskan, untuk mendukung ekonomi kerakyatan tersebut kedepan, maka pihaknya akan terus melakukan inovasi dan langkah-langkah nyata. Yakni, dengan melakukan pembinaan bagi pelaku UMK dari sisi pemasaran, utamanya pembuatan kemasan produk.

Baca juga:  BRI Dorong Momentum Pemulihan Ekonomi Tahun Depan

“Kalau untuk IKM akan dilakukan pembentukan kelompok dan sentra industri, sedangkan bagi kelompok baru akan diberikan pelatihan untuk bantuan sarana. Untuk bantuan sara itu, kita akan didorong ke Pemerintah Provinsi,” katanya.

Selain itu, kata Loka Santika, pihaknya juga akan pembentukan koperasi bagi pelaku industri arak. Sehingga, produk arak yang dihasilkan oleh perajin arak nantinya bisa ditampung dan dipasarkan lewat koperasi yang dibuat. “Dengan pembuatan koperasi, maka diharapkan pemasaran produk bisa lebih cepat dan maksimal,” jelas Loka Santika. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Bayi Lahir Tanpa Anus di Desa Timbrah¬†
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *