Suasana di Pasar Kidul Bangli. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Seluruh pedagang kain di lantai II Pasar Loka Crana akan direlokasi ke Pasar Kidul setelah Hari Suci Galungan di Januari 2023. Kepala Pasar Kidul Dewa Agung Gde Adi Oka mengungkapkan hal itu, Selasa (8/11).

Dikatakan rencana pemindahan pedagang setelah Galungan sudah berdasarkan hasil koordinasi pihaknya dengan pedagang. “Sekarang masih nunggu proyek (penataan di Pasar Kidul) selesai,” terangnya.

Baca juga:  Batur Miliki Ragam Tradisi Pemuliaan Danau

Pedagang yang akan dipindah, kata Dewa Adi Oka, hanya yang aktif berjualan. Disebutkan jumlah pedagang di Pasar Loka Crana tercatat sekitar 110 pedagang.

Namun selama ini banyak dari pedagang tidak aktif. Kiosnya tidak pernah buka, hanya dipakai gudang. “Yang benar-benar aktif ada 45-50 orang. Itu yang akan kami utamakan,” ujarnya.

Sementara jumlah kios yang tersedia di Pasar Kidul untuk pedagang kain Pasar Loka Crana, sebut Dewa Adi Oka, ada 75 kios.nDisampaikan juga bahwa pihaknya berencana akan memindahkan pedagang canang yang ada di lantai satu Pasar Kidul ke lantai dua.

Baca juga:  Pasar Kidul dan Jalan Kembali Disemprot Disinfektan

Sehingga nanti di lantai dua sisi selatan akan ngomplek pedagang alat-alat upacara. “Pedagang aksesoris dan kain di bawah, yang jualan di luar toko, juga akan kita bawa naik,” ujarnya.

Selanjutnya tempat di lantai bawah sisi timur dan selatan akan disediakan khusus untuk pedagang kuliner. Terkait rencana itu pihaknya mengaku sudah beberapa kali melakukan sosialisasi ke pedagang.

Sementara itu ditanya terkait pemanfaatan Pasar Loka Crana kedepannya setelah semua pedagang kain di lantai II direlokasi, pihaknya menyatakan akan menunggu petunjuk lebih lanjut dari Disperindag. “Kita kan sebagai pengelola pasar tetap koordinasi dengan Disperindag,” imbunya. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Harga Garam Melambung, Pengrajin Ikan Asin Kurangi Produksi
BAGIKAN