Arsip - Tentara AS yang mengenakan masker terlihat di depan pesawat angkut C-130 selama latihan militer di tengah wabah COVID-19 di Pangkalan Angkatan Udara AS Yokota di Fussa, di pinggiran Tokyo, Jepang, Mei 2020. (BP/Ant)

TOKYO, BALIPOST.com – Latihan udara bersama antara Amerika Serikat dan Jepang yang dilaksanakan pada Sabtu (5/11), melibatkan jet tempur di wilayah udara di atas Laut China Timur di barat laut pulau Kyushu di selatan Jepang. Demikian dikatakan Kementerian Pertahanan Jepang, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (6/11).

Latihan bilateral yang dilakukan oleh Pasukan Bela Diri Jepang dan Angkatan Bersenjata AS itu diadakan sebagai tanggapan atas meningkatnya tindakan provokatif oleh Korea Utara termasuk peluncuran rudal balistiknya yang berulang.

Baca juga:  Pascalarangan Kunjungan Eropa, Maskapai Penerbangan AS Pangkas Rute Penerbangan

Latihan bersama itu juga dimaksudkan untuk menunjukkan tingkat kerja sama yang erat antara kedua negara sekutu, kata Kemenhan Jepang.

Pesawat yang terlibat dalam latihan tersebut adalah lima jet tempur F-2 dari Angkatan Udara Bela Diri Jepang, dan dua jet pembom strategis B-1B dan dua pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat, menurut kementerian tersebut.

Pasukan Jepang dan AS melakukan latihan udara bersama pada 4 Oktober, dan pada hari yang sama Korea Utara meluncurkan rudal yang terbang di atas bagian utara pulau utama Jepang, Honshu. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Barack Obama Bikin Yogyakarta Bahagia

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *