Menteri Pertanian, H Syahrul Yasin Limpo didampingi Pangdam XIV/Hasanudddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso (kiri) dan Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P Joewono (kanan) disela kegiatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Makassar, Senin (24/10/2022). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Puncak panen raya yang telah dilalui Indonesia pada Januari hingga April dan Agustus membuat stok beras Indonesia cukup hingga akhir 2022.

“Puncak panen pertama kita itu Januari-April sebanyak 18 juta lebih dan panen kedua sekitar Agustus 13 juta lebih. Nah oleh karena itu setara berasnya 32 juta sekian, dan yang kita makan kurang lebih 30 juta sekian. Artinya apa? Overstok, kita cukup,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dikutip dari kantor berita Antara, Senin (31/10).

Baca juga:  Intip 3 Entrepreneur Muda Pemenang Pengusaha Muda Brilian 2022

Dilihat berdasarkan data yang ada saat ini, lanjut Syahrul, panen raya Jawa Timur pada September-Desember 2022 diperkirakan mencapai 1,15 juta ton, kemudian Jawa Tengah mencapai 1,01 juta ton, Jawa Barat 1,5 juta ton, dan Sulawesi Selatan 1,6 juta ton. Dengan catatan, Mentan berharap Perum Bulog melakukan penyerapan hingga 1,5 juta ton dan pembelian di atas harga pembelian pemerintah (HPP).

“Jadi kalau ada yang bilang terjadi penipisan beras, suruh datang ke Kementan dan akan saya tunjukkan di mana tempatnya. Kan Bapak Presiden juga melakukan cek setiap minggu,” katanya.

Baca juga:  BRI Sukses Bina Rumah BUMN Yogyakarta, Beranggotakan 46.700 Pelaku UMKM

Yang terbaru, kata Menteri yang akrab disapa SYL, stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) saat ini mencapai 43 ribu ton atau meningkat dari stok beras rata-rata yang hanya 30 ribu ton.

Dia pun berharap semua pihak membeli beras petani sebagai ungkapan terima kasih atas produksi yang dilakukan selama ini. “Saya punya harapan para gubernur dan para bupati tidak hanya menunggu Bulog, tetapi juga masing-masing harus punya buffer stok. Mari kita segera beli beras rakyat, beras para petani sebagai rasa terima kasih kita yang mendorong mereka terus berproduksi,” kata Syahrul.

Baca juga:  BI Sebut Utang LN Kuartal I 2023 Tetap Terkendali

Indonesia baru saja ditetapkan sebagai negara tropis terbaik dunia dalam melakukan sistem ketahanan pangan. Terbaru, Indonesia juga diberikan penghargaan dari Badan Pangan Dunia (FAO) karena mampu mewujudkan swasembada beras selama 3 tahun berturut-turut. “Jadi kita ini adalah negara tropis terbaik dalam melakukan sistem ketahanan pangan nasional,” katanya. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *