Atlet Kurash berlatih. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Porprov Bali XV/2022 bakal mempertandingkan 41 cabor, berikut sembilan cabor ekshibisi. Kesembilan cabor eskhibisi adalah Golf, Gulat, Kurash, Pickle Ball, Bola Tangan, Aerosport, Esport, Kick Boxing, dan Selancar Ombak.

Wakil Ketua KONI Bali, Maryoto Subekti, di Denpasar, Selasa (25/10), menyatakan, atlet juara Porprov merupakan database awal guna menghimpun atlet berprestasi. “Kalau mengenai atlet yang dipersiapkan ke Pra-Pon, tergantung masing-masing pengprov cabor bersangkutan,” ungkapnya.

Baca juga:  Warga Eks Timtim Kembali Datangi DPRD

Pasalnya, tiap cabor memiliki kriteria dan parameter tersendiri, guna memberangkatkan atletnya ke Pra-Pon.
Ia mencontohkan, cabor balap motor acuannya bukan sebatas hasil porprov tetapi juga mempertimbangkan prestasi pembalap di ajang kejurnas. “Yang penting, dibuat kesepakatan bersama dan diketahui jajaran pengurus ya, termasuk pelatih dan atletnya,” cetus dia.

Sekum Pengprov Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi) Nyoman Sumayasa, menyatakan, ekshibisi cabor Kurash melibatkan lima daerah, yakni Badung, Denpasar, Buleleng, Gianyar, dan Karangasem. “Cabor Kurash sudah resmi dipertandingkan pada PON XXI 2024, di Sumut dan Aceh,” jelas Sumayasa.

Baca juga:  Pelaku Pembuang Bayi di Lumbuan Ditangkap

Sebelumnya, tim kurash Bali juga menerjunkan tiga atletnya, saat ekshibisi pada PON XX/2021, di Papua. Dua atlet Kurash Bali pulang membawa 1 perak dan 1 perunggu. “Bahkan, atlet Kurash di Kejurnas juga menyumbang perunggu ” tutur Sumayasa.

Di ajang Porprov, kurash mempertandingkan lima kelas. Terdiri atas tiga kelas putra dan dua kelas putri. (Daniel Fajry/balipost)

BAGIKAN