Dokter Bagus Darmayasa bersama pelukis lain saat pembukaan pameran. (BP/Istimewa)

TANGERANG, BALIPOST.com – Dirut Rumah Sakit Puri Raharja (RSPR) Denpasar dr. Bagus Darmayasa berpameran di Tangerang, Jabar, dengan tajuk “Vartcine 1” sejak Minggu (23/10) hingga Minggu (6/11). Selain dr. Bagus, sebanyak 6 pelukis Bali juga berpameran di lokasi sama.

Pelukis yang diajak pameran yakni Nyoman Sujana (Kenyem), Made Astawa (Dollar), Wayan Suastama, Ketut Suasana (Kabul), Ni Wayan Sutariani, dan Raisa. Pameran seni ini dibuka oleh Dedi Miing Bagito dan Komjen Pol. Purn. Dwi Prajitno.

Baca juga:  Pameran Retrospective Made Djirna Digelar di ARMA

Menurut dr. Bagus, Selasa (25/10), dikutip dari rilisnya, pembuatan karya seni yang dipamerkannya ini merupakan bagian dari kegiatannya selama pandemi COVID-19. Bahkan, rutinitas mantan Dirut Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM) ini terbagi antara tugas-tugas kantor dengan melukis. Selain melukis berbagai objek, dr. Bagus juga banyak melukis wajah.

Lukisan-lukisan tersebut kemudian diserahkan ke kerabat atau koleganya. “Aktivitas seni bukanlah hanya kegiatan untuk mengisi waktu luang, melainkan juga memiliki dampak secara psikologis bagi yang melakukannya. Kegiatan seni yang dilakukan oleh kebanyakan orang biasanya ditujukan untuk wadah ekspresi diri,’’ tegas dr. Bagus.

Baca juga:  Tak Cuma Dipecat, Ini Sejumlah Sanksi untuk Ferdy Sambo

Menurutnya, berdasarkan riset-riset ilmiah, seni merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang. ‘’Karena itu, seni sering juga digunakan sebagai media untuk melakukan terapi psikologis yang lebih sering dikenal sebagai art therapy,’” katanya pria asal Pesinggahan, Klungkung ini.

Ia pun mengatakan melalui seni, dapat melihat konflik dalam diri yang dialami sehingga mempengaruhi pikiran, emosi dan perilaku. ‘’Yang sangat menarik bahwa dokter bisa menjadi anggota seni Indonesia, tapi seniman tidak bisa jadi anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI),’’ tambahnya. (kmb/balipost)

Baca juga:  Ini Alasannya, UGD RSU Puri Raharja Tutup Sementara 
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *