BPBD saat mendistribusikan air bersih kepada warga Banjar Dinas Pegringsingan. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem mendistribusikan air bersih kepada ratusan kepala keluarga (KK) warga Banjar Dinas Tenganan Pegringsingan, Desa Tenganan, Kecamatan Manggis. Penyaluran air bersih dilakukan lantaran jaringan pipa air bersih milik PDAM terputus akibat dilanda bencana alam.

Kalaksa BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, Senin (24/10) kemarin mengungkapkan, untuk saat ini pihaknya baru menerima permohonan penyaluran air bersih ke Banjar Dinas Tenganan Pegringsingan, Desa Tenganan, Kecamatan Karangasem Manggis. “Air bersih kita salurkan karena jaringan pipa milik PDAM putus akibat diterjang bencana alam pada 17 Oktober lalu,” ucapnya.

Baca juga:  Pura Watu Klotok Siap Sambut Pamedek Melasti Panca Wali Krama Besakih

Arimbawa menambahkan, untuk penyaluran air bersih ke Banjar Dinas Tenganan Pegringsingan, Desa Tenganan, Kecamatan Manggis sebanyak 5.000 liter. Air tersebut untuk memenuhi sebanyak 3w4 kepala keluarga (KK).”Air yang kita distribusikan tersebut ditampung di cubang umum desa setempat. Jadi, warga harus mengambil air di cubang tersebut untuk memenuhi kebutuhan mereka,” katanya.

Menurut, Arimbawa, sebelumnya pihaknya juga telah mendapatkan permohonan pendistribusian air bersih dari warga Seraya Timur. Akan tetapi, karena akses jalan tidak memungkinkan, maka tidak bisa memenuhi permohonan tersebut. “Karena persoalan itu, masyarakat lebih cenderung mengambil air di sumber air terdekat dengan berjalan kaki,” imbuhnya sembari menyatakan, bila nantinya ada permohonan air bersih dari masyarakat pihaknya siap melayani. “Kalau ada permintaan kita siap salurkan,” imbuhnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Basarnas Targetkan Waktu Tanggap Dipersingkat
BAGIKAN