Para pemangku mendengarkan pemaparan materi dalam acara Penyegaran Kepemangkuan yang digelar Paiketan Arya Wang Bang Pinatih, Jumat (14/10). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Serangkaian HUT ke-14, Pengurus Paiketan Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali untuk pertama kalinya menggelar acara Penyegaran Kepemangkuan. Materi yang diberikan meliputi Sesana Sangkul Putih/Etika, Acara, serta Tatwa.

Hadir sebagai narasumber dalam acara Penyegaran Kepemangkuan adalah Ida Rsi Agung Yoga Sidhi Bang Pinatih. Kegiatan diikuti 115 pinandita/pemangku, Jumat (14/10) di Denpasar. Kegiatan dibuka Gusti Ngurah Gede Mangku Punia Negara, Ketua Sabha Walaka dan sekaligus mewakili Pengelingsir Puri Pinatih Denpasar.

Baca juga:  Jadi Lokasi "Work from Bali," Begini Kesiapan The Nusa Dua

Sementara itu menurut Ketua Umum Pengurus Paiketan Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali/Pusat, I Gusti Ngurah Jaya Negara yang juga Wali Kota Denpasar dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Harian I Nyoman Swastika acara ini sudah sesuai dengan Program Keputusan Mahasabha IV Warga Arya Wang Bang Pinatih 2021. Dengan digelarnya acara penyegaran kepemangkuan ini, dikutip dari rilis yang diterima, para pinandita sudah memiliki pegangan tentang etika sebagai pemangku, dapat meningkatkan wawasan mengenai pelaksanaan upacara Hindu serta Tatwa, sehingga tidak menjadi ragu di dalam melaksanakan sesana kepemangkuan.

Baca juga:  Menguak Rahasia Kehidupan lewat Pameran Tunggal Apel Hendrawan

Ketua Harian, I Nyoman Swastika menambahkan kegiatan ini merupakan pertama kalinya digelar. Acara ini diharapkan bisa menjadikan wadah untuk bertukar pikiran dan menyamakan pemahaman terkait sesana kepemangkuan yang meliputi etika, acara, dan tatwa.

Saat yang bersamaan juga dilaksanakan safari kesehatan, berupa cek tensi dan penyakit. Juga dibagikan sembako kepada para pemangku dan pengurus.

Puncak HUT ke-14 Paiketan akan berlangsung pada 6 November di Balai Budaya Alaya Dharma Negara. Namun sejumlah kegiatan akan digelar sebelum itu, salah satunya pada 23 Oktober dilaksanakan kerja bakti dan penanaman pohon di sebelah barat SMPN 14 Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur. Kemudian, akan digelar persembahyangan bersama di Pura Dalem Mutering Jagat Kesiman Denpasar. (kmb/balipost)

Baca juga:  PSN Denpasar akan Gelar Musda
BAGIKAN