Paiketan Arya Wang Bang Pinatih menggelar kerja bakti dan penanaman 50 pohon langka di tempat akan dibangunnya Monumen Kerajaan Kertalangu, Minggu (23/10). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali/Pusat memohon kepada Gubernur Bali dapat segera membangun Monumen Kerajaan Kertalangu di eks Balitex Jalan WR Supratman Kesiman Denpasar Timur. Hal itu disampaikan Ketua Harian Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali/Pusat I Nyoman Swastika di sela-sela kegiatan kerja bakti dan penanaman 50 pohon langka di tempat akan dibangunnya Monumen Kerajaan Kertalangu, Minggu (23/10).

Dipilihnya tempat ini sekaligus memperkenalkan kepada Warga Arya Wang Bang Pinatih bahwa di tempat inilah akan dibangun Monumen Kerajaan Kertalangu. Monumen nantinya dibangun di lahan seluas 16 are dan mengingatkan kembali pada tonggak sejarah Kerajaan Kertalangu yang pernah berdiri tahun 1350-1615 M dengan Raja terakhirnya Kyai Anglurah Agung Pinatih Mantra.

Baca juga:  Tujuh Klub Ikuti Turnamen Panahan Piala Wali Kota

Sementara itu, Ketua Umum yang juga menjabat Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, dalam rilisnya, mengatakan kegiatan bersih-bersih, penanaman pohon, dan penyerahan sembako kepada petugas kebersihan dilaksanakan serangkaian HUT Ke-14 PW Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali/Pusat. Sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan Penyegaran Kepemangkuan diikuti 115 Pemangku/Pinandita Arya Wang Bang Pinatih se-Bali.

Bandesa Adat Kesiman Denpasar, I Ketut Wisna mengatakan dirinya sangat mendukung pembangunan Monumen Kerajaan Kertalangu. Apalagi di tempat ini juga akan dibangun wantilan sebagai pusat spiritual dan kegiatan dari warga Arya Wang Bang Pinatih. (kmb/balipost)

Baca juga:  HUT ke-71 Bali Post, Temui Pembaca Setia di Pasar Badung
BAGIKAN