Petugas dari Dishub dan Satlantas berjaga melakukan pengalihan arus lalin. (BP/Dokumen)

BANGLI, BALIPOST.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Bangli melakukan pengalihan arus lalu lintas pascaputusnya jalan raya Bangli menuju Karangasem. Tepatnya di sebelah barat SPBU Cempaga, Sabtu (8/10).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangli Ketut Riang Minggu (9/10) mengatakan pengalihan arus lalin sudah dilakukan pihaknya sejak Sabtu. Saat ini kendaraan dari arah Bangli menuju Tembuku, diarahkan melalui jalan di timur Pura Kehen tembus ke Sidembunut.

Sedangkan kendaraan dari arah timur menuju Bangli diarahkan melalui jalan Tamansari tembus ke Kelurahan Kubu atau melalui Banjar Tambahan Desa Jehem tembus ke Lingkungan Tegalalang, Kelurahan Kawan.

Baca juga:  DB di Bangli Capai 268 Kasus

Karena ruas jalan provinsi Bangli- Karangasem di wilayah Yangapi juga jebol dan tak bisa dilalui, pihaknya pun melakukan pengalihan arus terhadap kendaraan yang datang dari arah Karangasem. Kendaraan diarahkan lewat Nyanglan tembus ke Klungkung.

Riang mengaku pihaknya telah memasang rambu dan menempatkan sejumlah petugasnya di lapangan. Penempatan petugas dilakukan sampai situasi sudah dianggap kondusif.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPerkim) Kabupaten Bangli telah melakukan koordinasi dengan dinas pekerjaan umum provinsi Bali terkait putusnya ruas jalan provinsi jalur Bangli menuju Karangasem tersebut. “Kami sudah koordinasi. Dan dari PU Provinsi sudah bergerak cepat melakukan inventarisir dan identifikasi serta analisis lapangan,” ungkap Kepala Dinas PUPRPerkim Kabupaten Bangli Dewa Widnyana Maya, Minggu (9/10).

Baca juga:  Sesali Perbuatan, Ibu Pembuang Bayi Menangis di Hadapan Hakim

Dikatakan Dewa Maya, ruas jalan provinsi jalur Bangli menuju Karangasem putus di dua titik. Yakni di barat SPBU Cempaga dan di wilayah Desa Yangapi.

Sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan kapan jalan itu mendapat perbaikan. Dikatakan keputusan terkait hal itu ada di pemerintah provinsi Bali.

Selain ruas jalan provinsi, dampak cuaca ekstrem juga mengakibatkan ruas jalan kabupaten putus. Dewa Maya mengatakan jalan kabupaten yang putus ada satu titik yakni di ruas jalan Payuk-Bengang.

Baca juga:  Diberi Bantuan Uang Tunai, Tak Semua KPM BPNT di Bangli Kebagian

Pihaknya mengaku sudah melakukan inventarisir dan investigasi terkait kerusakan jalan kabupaten akibat bencana alam. Selanjutnya pihaknya akan melaporkannya ke pimpinan dalam hal ini Bupati. Nantinya bupati akan mengkaji lebih lanjut terkait perbaikannya.

Dewa Maya memastikan jalan rusak akibat bencana akan segera diperbaiki Pemkab Bangli karena hal itu menyangkut akses sosial dan ekonomi masyarakat. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN