Hari Kopi Sedunia diperingati di Kawasan Agro Techno Park Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang, Selasa (5/10). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung Wayan Wijana membuka acara Hari Kopi Sedunia yang ditandai dengan bersulang kopi bertempat di Kawasan Agro Techno Park Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang, Selasa (5/10). Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Badung Wayan Suambara, perwakilan Dinas PUPR Kabupaten Badung, Anggota DPRD Kabupaten Badung, I Gst. Lanang Umbara dan Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha serta seluruh pelaku usaha.

Peringatan Hari Kopi Sedunia dilaksanakan di lahan perkebunan kopi Agro Techno Park yang merupakan salah satu perkebunan kopi milik Pemerintah Kabupaten Badung di kawasan Badung Utara, dimana kawasan tersebut adalah pusat pertanian yang ada di Kabupaten Badung.

Baca juga:  Mulai Marak, Kalangan Pengusaha Badung yang Manfaatkan Air Laut

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung Wayan Wijana mewakili Bupati Badung mengatakan, bahwa salah satu produk unggulan di Badung ini memang kopi arabika yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu brand untuk lebih memperkenalkan kepada seluruh masyarakat bahwa di Badung salah satu produsen kopi di Provinsi Bali.

Bahkan sebelum pandemi Covid-19 sudah banyak juga diekspor ke luar negeri oleh karena itu dalam rangka memperingati Hari Kopi Sedunia ini, pihaknya ingin memperkenalkan produk-produk kopi ini khususnya kepada para pelaku usaha. “Hari ini kami juga mengundang hotel-hotel yang ada di daerah Kabupaten Badung, harapan kami tentu dari pihak hotel nanti bisa membantu memasarkan produk kopi kita, dan kita harapkan nanti juga produk kopi yang dihasilkan oleh petani dan pengusaha kopi kita yang ada di Badung bisa diterima di hotel maupun restoran, pasar swalayan, pasar modern yang ada di Kabupaten Badung,” harapnya.

Baca juga:  Gelar RUPS 2021, BPR Lestari Bali Angkat Yohanes Santoso Wibowo Sebagai Komisaris Perseroan

Sementara itu Ketua panitia penyelenggara Ni Luh Wayan Suparmi melaporkan, peringatan hari kopi kali ini adalah merupakan yang kelima kalinya diselenggarakan di Kabupaten Badung. Peringatan hari kopi diharapkan dapat menjadi wadah untuk mendapatkan informasi mengenai kopi, maksud dan tujuan peringatan hari kopi yaitu, membuat suatu peringatan hari perayaan hari kopi bagi pecinta kopi, meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi Kabupaten Badung, mempromosikan kopi Badung, mensejahterakan petani kopi Badung.
Akhir acara pada hari itu dilaksanakan persemaian/mendeder benih kopi secara simbolis pada tempat yang sudah disiapkan. (adv/balipost)

Baca juga:  Badung Bagikan Masker Serentak untuk Masyarakat
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *