Petugas TRC BPBD melakukan penanganan tanah longsor dan pohon tumbang di Br. Manukaya Let Desa Manukaya Tampaksiring. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Hujan deras pada Sabtu (1/10) siang menyebabkan terjadinya bencana di Gianyar. Peristiwa tanah longsor dan pohon tumbang terjadi di Desa Manukaya dan Desa Samplangan.

Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gianyar, Drs. Ida Bagus Putu Suamba didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN Dibya Presasta mengatakan kejadian tanah longsor dan pohon tumbang ini sempat menutupi badan jalan dan mengganggu akses lalu lintas. Kejadiannya sekitar pukul 10.25 WITA, sebuah pohon perindang dalam kondisi lapuk tumbang di Jalan Bukit Jati Kelurahan Samplangan, Kecamatan Gianyar.

Baca juga:  Pemahaman Masih Kurang, Penderita Kanker Terus Bertambah

Pohon dengan panjang sekitar 10 m dan diameter sekitar 40 cm tumbang menimpa badan jalan. “Pohon ini sudah berhasil ditangani dan dibersihkan Petugas TRC BPBD sekitar pukul 12.10 WITA sehingga akses Jalan Bukit Jati Kelurahan Samplangan sudah dibuka,” ucapnya.

Selanjutnya sekitar pukul 12.00 WITA terjadi tanah longsor dan pohon tumbang di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring. Tanah longsor diikuti tumbangnya pohon nangka dengan panjang sekitar 5 m dan diameter sekitar 40 cm.

Baca juga:  Masih PPKM Darurat, Antrian Pemudik Terlihat di Gilimanuk pada H-1 Idul Adha

Ditambahkan, anggota TRC BPBD Kabupaten Gianyar beserta armada dan perlengkapan diturunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan pemotongan dan pembersihan. “Sekitar pukul 13.40 WITA, tanah longsor dan pohon tumbang sudah dapat ditangani, dan akses jalan di Br. Manukaya Let Desa Manukaya Tampaksiring kembali lancar,” ucapnya. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *