I Nyoman Sudarwa. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com –  Pascapemindahan Patung Bung Karno pada Jumat (9/9) dini hari, sejumlah pekerja belakangan ini sudah melakukan mengerjakan pondasi Patung Wisnu Murti yang akan diletakan di Bundaran Kediri. Patung Wisnu Murti dibuat oleh pematung asal Tabanan yakni I Nyoman Sudarwa (59) asal Desa Penarukan, Kecamatan Kerambitan.

Ditemui, Jumat (6/9) Sudarwa mengatakan pengerjaan patung sudah dimulai sejak dua hari, Rabu (14/9). Ia mengaku diberikan waktu pengerjaan sampai pertengahan bulan November 2022. “Jadi harus sedikit ngebut dan lembur untuk pengerjaannya,” ucapnya.

Baca juga:  Tabanan akan Tata Taman Bung Karno, Termasuk Relokasi Patung

Bahan digunakan pada patungnya adalah beton bertulang. Patung dibuat dari adonan beton yang di dalamnya terdapat sistem pembesian kontruksi, yang berfungsi memperkokoh patung.

Pengerjaan patung sendiri, sebagian besar akan dikerjakan di studionya. Ketika proses perakitan dan beberapa ukiran lainnya barulah dikerjakan di lokasi patung yakni di Perempatan Kediri.

Sebanyak 70 persen dari total waktu pengerjaan akan dilakukan di studio, seperti pengerjaan kontruksi pembesian yang akan digunakan hingga proses pembetonan. Sedangkan 30 persen waktu pengerjaan akan dilakukan di lapangan atau di lokasi penempatan patung. (Puspawati/balipost)

Baca juga:  Kasihan Patung Bung Karno
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *