Bagian badan patung Wisnu Murti mulai dipasang di Bundaran Kediri, Tabanan. (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Bagian badan pada Patung Wisnu Murti akhirnya dipasang pada Jumat (25/11) di Bundaran Kediri, Tabanan. Sedangkan untuk bagian kepala patung rencanannya akan dilakukan lima hari ke depan.

Pemasangan tahap kedua patung ini juga dipantau langsung Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya bersama sejumlah pejabat terkait di Pemda Tabanan.
Bupati Sanjaya mengatakan pemasangan tahap kedua atau bagian badan patung sudah sesuai dengan agenda kerja.

Baca juga:  Ribuan Penari Joged Undiksha Pecahkan Rekor Dunia

Ini sesuai dengan target masa kontrak dimana rampungnya patung harus keseluruhan terpasang pada pertengahan Desember. “Perkiraan kami untuk badan saja kurang lebih sekitar 10 ton ditambah bagian kepala 3 ton. Jadi kurang lebih 13 ton bobot patung ini. Dan karena tidak mungkin seluruhnya dipasang bulan Desember, maka dipasang bertahap,” ucapnya.

Menurut dia, pemasangan patung sendiri memang sesuai prediksinya. Bahwa ini juga menjadi bagian kado HUT ke-529 Kota Tabanan dan menjawab keinginan masyarakat Kediri agar Patung Wisnu Murti kembali dibangun. Sanjaya menegaskan, bahwa dengan sudah terbangunnya patung Wisnumurti ini, yang menjadi mimpi masyarakat Tabanan dan Bali.

Baca juga:  Lereng Gunung Agung Terbakar

Maka, seyogyangya akan dikembalikan ke fungsi Catus Pata itu sendiri. Misalnya saja, dipakai ritual Nyepi dan Ngerebek di Catus Pata Kecamatan Kediri ini.
“Bahkan saya dengar-dengar ini, masyarakat Kediri akan membuat Parade Okokan. Itu bagian kegembiraan masyarakat dengan dibangunnya lagi patung Wisnumurti. Kami di Pemerintah memfasilitasi dan doa restu atas aspirasi itu,” jelasnya.

Untuk patung menghadap ke timur yang artinya menyambut matahari terbit. Berbedanya dengan patung sebelumnya, patung saat ini membawa senjata lengkap atau membawa senjata Dewata Nawasanga. (Puspawati/balipost)

Baca juga:  Petugas Kebersihan Desa Medahan Disebut Mogok Belum Terima Upah, Perbekel Membantah
BAGIKAN