Perayaan Tumpek Uye di Kabupaten Jembrana, Sabtu (27/8) digelar dengan upacara Segara Kerthi di YehKuning, Jembrana. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Tumpek Uye atau Tumpek Kandang yang jatuh setiap enam bulan sekali yaitu pada Saniscara Kliwon Wuku Uye diperingati dengan melaksanakan Upacara Segara Kerthi oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana yang dipusatkan di Pura Segara Desa Yehkuning, Kecamatan Jembrana, Sabtu (27/8). Upacara yang meliputi Pecaruan Manca Sanak, mapekelem ke tengah laut dan sembahyang bersama tersebut dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Kemenuh dari Griya Kusara Kemenuh Desa Batuagung.

Perayaan Tumpek Uye dimaknai sebagai momentum untuk memuliakan hewan atas manfaat yang diberikannya kepada manusia. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Jembrana I Made Tarma dalam pelaksanaan upacara segara kerthi tersebut.

Baca juga:  Bertambah Warga Jembrana Positif COVID-19

“Makna daripada Tumpek Uye sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada hewan karena dapat membantu dalam kehidupan manusia,” ucap Made Tarma.

Pelaksanaan perayaan Tumpek Uye dengan upacara Segara Kerthi juga salah satu implementasi dari Visi Kabupaten Jembrana Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana dengan maksud penyucian lautan secara niskala untuk menjaga energi positif pada samudera.

Persembahyangan diikuti oleh jajaran OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Jembrana, perwakilan Forkopimda, Majelis Madya Kabupaten Jembrana, Majelis Alit Kecamatan Jembrana bersama-sama dengan warga sekitar.

Baca juga:  Wujudkan Keharmonisan dalam Keragaman, Pertama Kalinya Imlek Digelar di Jalanan

Made Tarma menambahkan selain perayaan dengan melaksanakan persembahyangan, kegiatan ini juga disertai dengan pemberian pelayanan kesehatan bagi hewan diantaranya vaksinasi PMK, vaksinasi rabies serta penyemprotan desinfektan pada kandang ternak warga.

Pelaksanaan hari ini juga disertai dengan vaksinasi kepada hewan, dengan target 100 ekor. Ini sudah berjalan untuk vaksinasi PMK secara door to door, dan untuk vaksinasi rabies dilaksanakan di Lapangan Desa Yehkuning dan beberapa warga sudah ada yang membawa hewan peliharaannya,” jelasnya.

Baca juga:  Tahun Ini, Wabup Kembang Pastikan Perbaikan Jalan Desa Dilakukan

Untuk kegiatan vaksinasi hewan melibatkan tim vaksinator dari Dinas Pertanian dan Pangan serta untuk penyemprotan desinfektan dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana dengan menyasar kandang-kandang ternak warga di sekitar desa Yehkuning. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *