Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho menghadiri acara Peresmian Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 melalui virtual dari Gedung Gajah, Jaya Sabha, Denpasar, Kamis (18/8). (BP/Ist)

DENPASAR,  BALIPOST. com – Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho menghadiri acara Peresmian Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 melalui virtual dari Gedung Gajah, Jaya Sabha, Denpasar, Kamis (18/8). Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 dilakukan langsung Gubernur BI, Perry Warjio dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa Rupiah tidak hanya sekadar mata uang semata, akan tetapi sebuah makna perjalanan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada tanggal 30 Oktober 1946, Uang Republik Indonesia disahkan dan resmi berlaku.

Baca juga:  CPU dan Uang di Kantor Desa Singapadu Tengah Digasak Pencuri

Pada saat itu disampaikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Mohammad Hatta menandai babak baru bagi Republik Indonesia yang baru saja merdeka.

“Di dalam setiap lembaran rupiah terdapat berbagai cerita dan narasi terkait bangsa Indonesia. Rupiah merupakan sebuah spirit keberagaman dan kebersatuan. Ini adalah lambang dan sekaligus komitmen bagi kita semua. Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia. Untuk itu, harus di hormati dan di banggakan oleh kita semua. Bersama Rupiah, Kita bangkit untuk lebih kuat menjuju Indonesia maju,” ungkapnya.

Baca juga:  Ditinggal Pedagang Pasar Seni Sukawati, Lapangan Sutasoma Kumuh

Pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho menyerahkan secara simbolis Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 kepada Gubernur Koster. (kmb/balipost)

BAGIKAN