Suasana salah satu hotel di Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Belakangan ini tingkat hunian hotel dan restaurant di Karangasem terus mengalami peningkatan perbulannya. Bahkan, hingga pertengahan Agustus ini, hunian sudah mencapai 45 persen.

Ketua Persatuan Hotel Restaurant Indonesia (PHRI) Karangasem, I Wayan Kariasa, mengungkapkan, perlahan okupansi hotel terus mengalami peningkatan. Hal ini terjadi sejak beberapa bulan terakhir. “Astungkara sudah bisa ke 45 persen di hingga Agustus 2022 ini. Hunian didominasi wisatawan mancanegara (wisman). Seperti Prancis, Jerman, Australia, dan Asia,” ujarnya.

Baca juga:  Warga Negara Uganda Ditemukan Membusuk

Kariasa, menambahkan, meningkatnya jumlah wisman yang menginap dikarenakan beberapa faktor. Satu diantaranya karena telah memasuki musim liburan. “Astungkara masih bagus karena memang Juli, Agustus, hingga September merupakaan bulan liburan wisatawan mancanegera,” katanya.

Dia, menjelaskan, wisman yang menginap di Karangasem rata-rata 3-7 hari. Mayoritas perorangan dan pasangan. Sedangkan kelompok biasanya September.

Pihaknya berharap kunjungan wisman ke Bumi Lahar terus mengalami peningkatan tiap bulannya. “Kita harap setelah liburan panjang tingkat hunian mencapai 50 persen. Di akhir tahun diharapkan bisa di atas 50 persen,” harap Kariasa. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  BBTF Hasilkan Transaksi Rp 7 Triliun
BAGIKAN