Vaksinator menunjukkan vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan. (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemkab Badung mulai menjalankan program vaksinasi booster kedua mulai Kamis (4/8). Vaksinasi yang ditujukan bagi para tenaga kesehatan (nakes) ini serempak dilaksanakan di masing-masing fasilitas kesehatan (faskes).

Plt. Kadiskes Badung dr. I Wayan Darta menjelaskan, vaksinasi akan dilakukan secara bertahap sesuai jatah vaksin yang diberikan pemerintah pusat. “Iya mulai hari ini (kemarin-red) sudah dilakukan vaksinasi booster kedua bagi nakes di Badung. Vaksinasi dilakukan di masing-masing faskes, baik milik pemerintah maupun swasta,” ungkapnya.

Baca juga:  Ini, Kronologis Terungkapnya Skimming WNA Pembobol ATM di Jimbaran

Menurutnya, pada tahap pertama Pemkab Badung memperoleh 150 vial vaksin. Satu vial vaksin bisa digunakan untuk 28 orang. “Kami tidak berani mendatangkan banyak vaksin karena tanggal kedaluwarsanya singkat. Jadi, tanggal 11 Agustus nanti kami datangkan vaksin tahap kedua,” terangnya.

Kendati demikian, Dirut RSD Mangusada ini menargetkan vaksinasi booster tahap dua rampung dalam satu minggu ke depan. Untuk yang keempat ini menggunakan jenis vaksin Moderna. Dikatakan, sesuai dengan capaian sasaran tervaksinasi ketiga, ada sekitar 8.628 nakes yang diberikan vaksinasi. Namun untuk tim di Badung sudah ada di masing-masing faskes seperti di puskesmas maupun di RSD Mangusada.

Baca juga:  Vaksin COVID-19 Prioritas Pertama Untuk Tenaga Kesehatan

Darta mengatakan, pihaknya terus menggencarkan vaksinasi booster agar segera tuntas dengan melakukan vaksinasi berbasis wilayah desa atau kelurahan yang ada di Badung. Bahkan, diprediksi pertengahan Agustus 2022 target tersebut tercapai.

Untuk diketahui, vaksinasi booster Covid-19 di Badung secara kumulatif hingga Rabu (3/8), mencapai 241.655 orang atau 62,8 persen dari target 384.685 sasaran. Sedangkan, vaksinasi ketiga untuk nakes telah mencapai 8.657 atau 156,5 persen dari 5.533 sasaran. (Parwata/balipost)

Baca juga:  Sejumlah Nakes Positif COVID-19, RS Sanjiwani Tutup Ruangan Ini 14 Hari
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *