Kemacetan parah terjadi pada jalur Karangasem-Klungkung, khususnya saat melintas di sekitar Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kemacetan parah terjadi pada jalur Karangasem-Klungkung, khususnya saat melintas di sekitar Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung. Ratusan kendaraan roda dua maupun empat tertahan berjam-jam hingga mengular sampai wilayah Yeh Malet, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Petugas kepolisian pun nampak kewalahan mengatur kepadatan arus lalu lintas sejak pagi. Kemacetan parah terjadi sejak pagi sekitar pukul 06.00 WITA.

Situasi demikian disebabkan, kedatangan pamedek yang membludak pada hari Minggu (31/7). Situasi keluar masuk kendaraan dari jalan raya ke areal parkir juga sedikit terhambat, karena masih ada proyek fisik pembangunan kios di selatan Pura Goa Lawah.

Baca juga:  Pengoperasian Pelabuhan Sanur Picu Kemacetan Parah, Pemerintah Diminta Segera Cari Solusi

Arus keluar masuk kendaraan juga padat menuju Rest Area Goa Lawah, yang menjadi tempat digelarnya touring motor wisata Klungkung, serangkaian kegiatan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Road Show tahun 2022.

Kabid Organisasi IMI Bali, Made Arka mengatakan kegiatan IMI Road Show di Kabupaten Klungkung merupakan yang ke-4 setelah sebelumnya sudah diselenggarakan di Kabupaten lainnya di Bali. Untuk di Klungkung sendiri digelar 2 event, yakni touring motor di Rest Area Goa Lawah dan drag bike di Jalur Bypass Prof. I.B. Mantra wilayah Kusamba.

Baca juga:  Wakapolda Bali Juga Diganti, Ini Pejabat yang Baru

Jalur ini menjadi padat merayap berjam-jam sejak pagi hingga siang. Bahkan, tidak hanya petugas kepolisian dari Sat Lantas Polres Klungkung yang turun gunung, melihat kroditnya jalan, Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, juga ikut turun tangan mengatur lalu lintas, didampingi Kasat Lantas AKP Wahyu Nugroho dan Kapolsek Dawan AKP Ida Ayu Made Kalpika Sari. “Saya hendak menghadiri undangan Rangkaian Acara Road Show IMI Drag Bike Tahun 2022. Tetapi, di tengah perjalanan saya terhadang macet, kemudian turun langsung untuk mengurai arus lalu lintas,” ujar AKBP Sadiarta.

Baca juga:  WN India Terseret Ombak Pantai Kelingking Ditemukan Tewas

Sepanjang jalur di sekitar Pura Goa Lawah ini, puluhan petugas kepolisian harus bekerja keras mengatur kendaraan. Khususnya kendaraan yang hendak keluar dan masuk di seluruh halaman parkir pura.

Upaya dari pihak kepolisian, cukup efektif perlahan mengurai kemacetan parah di sepanjang jalur ini. Pihak kepolisian juga memastikan setiap pamedek menyebrang dari parkir menuju Pura Goa Lawah dengan selamat. Dari siang menjelang sore, arus lalu lintas bisa kembali normal. Kendaraan juga dapat melintas seperti biasa. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN