Pesisir Gianyar dilanda rob pada Sabtu (16/7/2022). (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Sabtu (16/7), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Pesisir Selatan Bali Dilanda Rob, Ini Pemicunya

DENPASAR, BALIPOST.com – Sejumlah pesisir Pantai Selatan Bali mengalami air laut pasang (Rob), Sabtu (16/7) siang. Bahkan, air laut naik dan meluber hingga ke jalan raya. Seperti yang terjadi di Pantai Lebih, Gianyar.

Menurut Prakirawan BBMKG Wilayah III Denpasar, I Made Sudarma Yadnya pemicu naiknya air laut itu adalah fenomena Super Full Moon atau fase Bulan Purnama yang bersamaan dengan fase Pasang Air Laut Tertinggi pada 13 Juli. Kondisi ini berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut.

Selengkapnya baca di sini

Baca juga:  Tambahan Hari Ini, Korban Jiwa COVID-19 Tanpa Komorbid Mendominasi

2. Gelombang Tinggi Terjang Pesisir Gianyar, Air Meluber hingga ke Jalan

GIANYAR, BALIPOST.com – Gelombang tinggi menerjang pesisir Gianyar, Sabtu (16/7). Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gianyar, Drs. Ida Bagus Putu Suamba didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN Dibya Presasta mengimbau masyarakat dan nelayan tidak melakukan aktivitas di sepanjang pesisir sehingga tidak terjadi korban jiwa.

Dibya Presasta mengatakan pada Sabtu (16/7) terjadi gelombang tinggi di sepanjang pantai yang ada di wilayah Gianyar mulai dari Pantai Lembeng (paling barat) dan Pantai Sinyut (paling timur). Bahkan, tingginya gelombang menyebabkan air naik menggenangi areal parkir Pantai Lebih dan pantai lainnya.

Selengkapnya baca di sini

3. Rute Internasional ke Bandara Ngurah Rai Bertambah

MANGUPURA, BALIPOST.com – Rute penerbangan internasional ke Bandara Ngurah Rai bertambah dengan mendarat perdananya, Korean Air pada Kamis (14/7). Saat ini, bandara satu-satunya di Bali tersebut sudah melayani 20 rute internasional ke 12 negara yang dioperasikan 22 maskapai penerbangan.

Baca juga:  Hingga Agustus 2023, Kasus DBD di Denpasar Capai 1.278

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, dikutip dari rilisnya pada Sabtu (16/7), mengatakan Korean Air akhirnya kembali melakukan penerbangan langsung ke Bali dari Incheon International Airport Korea Selatan. Menggunakan Pesawat Airbus A333, dengan kode penerbangan KAL629, Korean Air mengangkut sebanyak 265 penumpang.

Selengkapnya baca di sini

4. Pasien COVID-19 Harian Capai 3 Digit, Kasus Aktif Bali Lampaui 1.000 Orang

DENPASAR, BALIPOST.com – Tambahan kasus COVID-19 yang dicatatkan Bali pada Sabtu (16/7) mengalami kenaikan dibandingkan sehari sebelumnya yang mencapai 120 persen. Sudah lima hari terakhir, pasien COVID-19 harian mencapai seratusan orang sehingga kasus aktifnya melampaui 1.000 orang.

Baca juga:  Geledah Ruang Tahanan Mantan Manager Akasaka Sebelum Dilayar, Ini Ditemukan Polisi

Kabar baiknya korban jiwa masih nihil dicatatkan. Sementara itu, pasien sembuh baru lebih sedikit jumlahnya dari tambahan kasus. Jumlahnya balik ke dua digit.

Selengkapnya baca di sini

5. Terseret Arus Pantai, Perempuan Turki Berhasil Diselamatkan

MANGUPURA, BALIPOST.com – Perempuan asal Turki, Kyc (36) terseret arus hingga pantai di belakang hotel yang berlokasi di Jalan Pantai Berawa, Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Sabtu (16/7). Beruntung korban berhasil diselamatkan.

Korban langsung dibawa ke klinik, Jalan Tegal Gundul, Desa Tibubeneng. Kasi Humas Polres Badung Iptu Ketut Sudana menjelaskan, awalnya korban yang menginap di salah satu hotel wilayah Seminyak, berenang di Pantai Berawa, pukul 17.15 WITA.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN