Korean Air mendarat perdana di Bandara Ngurah Rai, Bali pada Kamis (15/7) pascapelonggaran aktivitas penerbangan internasional di tengah melandainya kasus COVID-19. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Rute penerbangan internasional ke Bandara Ngurah Rai bertambah dengan mendarat perdananya, Korean Air pada Kamis (14/7). Saat ini, bandara satu-satunya di Bali tersebut sudah melayani 20 rute internasional ke 12 negara yang dioperasikan 22 maskapai penerbangan.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, dikutip dari rilisnya pada Sabtu (16/7), mengatakan Korean Air akhirnya kembali melakukan penerbangan langsung ke Bali dari Incheon International Airport Korea Selatan. Menggunakan Pesawat Airbus A333, dengan kode penerbangan KAL629, Korean Air mengangkut sebanyak 265 penumpang.

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Kembali Naik! Ada di Atas 400

Selanjutnya, pesawat tersebut kembali terbang menuju Incheon dari Denpasar pada Jumat (15/7), pukul 01.10 WITA dengan mengangkut sebanyak 113 penumpang. Ke depannya, rute Denpasar – Incheon PP akan dilayani setiap hari.

Handy mengungkapkan sebelum pandemi COVID-19 melanda, di 2019 Bandara Ngurah Rai melayani 397.196 penumpang menuju Incheon dengan menggunakan maskapai Korean Air dan Garuda Indonesia. “Kami harap dengan beroperasinya kembali penerbangan langsung dari Denpasar ke Incheon akan memantik pertambahan rute menuju Korea Selatan dan semakin meningkatkan konektivitas kedua negara,” kata Handy.

Baca juga:  Hari Ini, Kolaborasi SMPN 3 Denpasar dan SMAN 3 Denpasar di Menyongsong Matahari Bali 2018

Dengan beroperasinya Korean Air, saat ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali melayani 20 Rute Internasional ke 12 negara. Per 14 Juli, pihaknya melayani 224.679 penumpang internasional dengan rata-rata 16.000 penumpang per harinya.

“Melihat tren penerbangan internasional yang masih menunjukkan pertumbuhan positif, kami berharap akan semakin banyak rute internasional yang beroperasi kembali di Pulau Bali. Dengan demikian, kami optimis untuk mencapai target pelayanan 9 juta penumpang di tahun 2022 ini. Tidak lupa kami ingatkan kepada para pengguna jasa untuk memahami dan mentaati peraturan perjalan yang berlaku, serta tetap menerapkan protokol kesehatan di lingkungan bandara,” katanya.

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Bali Makin Melandai

Dalam penerbangan perdananya, para penumpang Korean Air disambut dengan water salute dan juga diterima kedatangannya oleh Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster, General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *