Tim SAR melakukan evakuasi para penumpang KMP Nusa Indah yang kandas di dekat Pelabuhan Gilimanuk, Minggu (26/6). (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Kapal Motor Penumpang (KMP) Nusa Dua, Minggu (26/6) mengalami kandas sekitar 1 mil dari timur dermaga LCM Gilimanuk. Diduga kapal yang berangkat dari Ketapang ini mengalami mesin mati hingga terseret arus dan kandas di koordinat 08’15’7675″S – 114″43″365″E.

Ratusan orang yang menumpang KMP tersebut dievakuasi petugas SAR Gabungan. Kapal kemudian bersandar di Pelabuhan Gilimanuk.

Informasi yang dihimpun, KMP yang mengangkut 147 penumpang serta awak kapal ini kandas sekitar pukul 03.50 WITA. Sebelumnya KMP Nusa Dua bertolak dari Pelabuhan Ketapang dengan kondisi lancar.

Baca juga:  Mudik Lebaran Dilarang, Ini Langkah Polres Jembrana Jaga Gilimanuk

Namun sesampai di lokasi kejadian, KMP mengalami masalah di mesin hingga terbawa arus ke perairan dangkal timur Lampu Navigasi hingga akhirnya kandas. Akibat kondisi itu, diputuskan untuk mengevakuasi para penumpang.

Koordinator Pos SAR Negara Dewa Putu Hendri Gunawan, Minggu (26/6), menyebutkan tim SAR gabungan melakukan evakuasi seluruh penumpang beserta awak kapal menggunakan RIB ke lokasi. Secara bertahap, para penumpang yang mengenakan jaket pelampung dievakuasi ke Dermaga Water Bee Gilimanuk yang tidak jauh dari Pelabuhan Gilimanuk sekitar pukul 05.00 WITA. “Total yang dievakuasi 147 orang termasuk awak kapal, dewasa 124 orang, anak-anak 19 dan balita 4. Setelah didarat dibawa ke ruang VIP Pelabuhan,” kata Hendri.

Baca juga:  Diduga Karena Ditegur Lakukan Ini, Siswi SMA Akhiri Hidup

Dari pengecekan, seluruh penumpang dalam kondisi sehat. Selain dari SAR Jembrana, evakuasi juga melibatkan TNI AL Pos Gilimanuk, Brimob, Polsek Kawasan Laut dan ASDP. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN