Bank BPD Bali, bank kebanggaan masyarakat Bali menggencarkan penggunaan QRIS hingga ke Nusa Tenggara Barat. (BP/may)

MATARAM, BALIPOST.com – Bank BPD Bali, bank kebanggaan masyarakat Bali menggencarkan penggunaan QRIS hingga ke Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian Pekan QRIS di Taman Mayura pada Sabtu (25/6).

Direktur Operasional Bank BPD Bali IB. Setia Yasa mengatakan, ada 20 merchant yang diundang berpartisipasi dalam pekan QRIS tersebut. Ada tiga merchant dengan jumlah transaksi terbanyak.

BPD Bali memiliki 30.000 merchant dengan target total 15 juta transaksi. Dalam mendukung G20, BPD Bali saat ini sedang memproses perijinan menerbitkan uang elektronik Balipay agar bisa berperan dalam event tersebut agar menjadi tuan rumah.

Baca juga:  Puluhan Ribu Pedagang di Bali Kini Terima Pembayaran Lewat QRIS

“Taman Mayura pun sudah menggunakan sistem elektronik tiket BPD Bali, dan 40 destinasi wisata yang sudah dibangun ekosistem digital di Bali, UMKM, sekolah dan sekarang destinasi,” ujarnya.

Tak hanya penggunaan user QRIS, merchant di NTB juga ditingkatkan memperkuat ekosistem pembayaran digital. “Penetrasi user menjadikan ekosistem pembayaran digital bisa bergerak bilamana user semakin interaktif, transaksi semakin banyak,” ujarnya.

Kepala BI KPw NTB Heru Saptaji mengatakan, merchant pengguna QRIS yang ada di NTB 163.000 hingga Mei 2022. Namun ia menekankan tidak hanya merchant yang diperbanyak, juga pengguna atau user.

Baca juga:  Produksi Padi di Indonesia Naik

“Agar dari sisi supply terpenuhi karena biasanya supply terisi saat ada kunjungan tamu dari event -event besar tapi ketika tamu kembali, merchantnya kembali sepi. Kita harus bangun basis user dari sisi lokal,” ujarnya. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN