Pawai -Pawai sendiri dilepas langsung oleh Bupati Karangasem I Gede Dana didampingi Wabup Artha Dipa, Ketua DPRD Karangasem I Wayan Swastika dan Sekda Sedana Merta. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Euforia puncak HUT ke-382 Kota Amlapura disemarakkan Pergelaran Pawai Budaya bagi Masyarakat Karangasem, pada Rabu (22/6). Pawai sendiri dilepas langsung oleh Bupati Karangasem I Gede Dana didampingi Wabup Artha Dipa, Ketua DPRD Karangasem I Wayan Swastika dan Sekda Sedana Merta.

Tercatat ada sebanyak 1.500 peserta diberi kesempatan display selama 8-10 menit di panggung kehormatan. Dengan mengambil sub tema Mewujudkan Karangasem yang Prakerthi Nadi melalui Pelestarian Budaya Lokal, peserta yang terlibat berasal dari SMP Negeri dan Satap se-Kabupaten Karangasem masing-masing kontingen 100 orang.

Baca juga:  Diduga Banyak Ilegal, TKA di Karangasem akan Didata

Rute yang ditempuh kontingen pawai mulai dari Taman Budaya melewati Jalan Sultan Agung menuju Jalan Gajah Mada hingga finish di Tugu Pahlawan di Jalan Diponegoro.

Bupati Gede Dana mengatakan, tujuan digelarnya pawai budaya selain untuk memberikan hiburan sehat dan edukatif bagi seluruh lapisan masyarakat Karangasem, juga untuk memberikan panggung apresiasi seni terhadap seniman dan pelaku seni di Bali, khususnya di Karangasem. Hal ini juga merupakan upaya adaptasi kebiasaan baru bangkit drai pandemi demi menjaga produktivitas kreatifitas masyarakat.

Baca juga:  Ini, Profil Kepala BNPB Pengganti Letjen Ganip

“Mari kita apresiasi karya para seniman dan pelaku seni melalui ragam karya dan tradisi yang ditampilkan dalam pawai budaya ini. Ini adalah tanggung jawab kita bersama sebagai krama Bali untuk mewariskan keluhuran nilai nilai adat istiadat, tradisi, seni budaya dan kearifan lokal bali,” ujar Bupati Gede Dana. (Adv/balipost)

BAGIKAN