PNS di Lingkungan Pemkab Karangasem melaksanakan apel. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Setiap tahunnya cukup banyak PNS di Lingkungan Pemkab Karangasem yang memasuki masa pensiun. Pada 2022 ini, ada ratusan PNS yang bakal pensiun. Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karangasem, I Komang Agus Sukasena, Kamis (16/6), mengatakan hal itu.

“Terhitung dari Mei sampai Desember akan ada sebanyak 343 orang yang pensiun. Kalau dari Januari sampai April jumlahnya melebih jumlah ini,” ucapnya.

Baca juga:  Diduga Karena Ini, Laundry Milik PNS Kebakaran

Sukasena, menambahkan, dari jumlah yang akan pensiun, paling banyak di tenaga pendidikan. Pasalnya, di sana paling banyak PNS dari kalangan pendidik. “Biasanya tenaga pendidik yang paling banyak pensiun. Kalau di kedinasan yang lainnya paling hanya satu dua,” katanya.

Dia menjelaskan, dengan banyaknya PNS yang pensiun tiap tahunnya, pihaknya menghadapi kurangnya SDM. Sebab, akan ketimpangan antara mereka yang pensiun dan perekrutan CPNS.

Baca juga:  Punya Sebutan "Jimbar Wana," Jembrana Masih Alami Kesulitan Air

“Kalau pensiun setiap tahunnya sudah pasti, sementara untuk perekrutan CPNS tidak dilakukan setiap tahunnya. Bahkan, jarang dilakukan pembukaan atau perekrutan CPNS maupun P3K. Jadi, jelas setiap tahunnya jumlah PNS semakin berkurang,” ujarnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN