Puluhan orang melakukan aktivitas pendakian ke puncak Gunung Agung serangkaian pembukaan jalur pendakian serta HUT ke-382 Kota Amlapura, Kamis (16/6). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Puluhan orang melakukan aktivitas pendakian ke puncak Gunung Agung serangkaian pembukaan jalur pendakian serta HUT ke-382 Kota Amlapura, Kamis (16/6). Sebelumnya, jalur pendakian ke Gunung Agung ditutup karena naiknya status gunung berapi itu.

Koordinator pendakian ke Gunung Agung, IB Ketut Arimbawa, menjelaskan, pendakian bersama ini dalam rangka mempromosikan dan memulihkan pariwisata, terutama aktivitas pendakian. “Jalur pendakian Pura Pasar Agung, Desa Sebudi dibuka kembali. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan keamanan jalur pendakian dan mempromosikan pariwisata Karangasem pascaerupsi (Gunung Agung, red) 2017 lalu,” kata Arimbawa.

Baca juga:  Wisatawan Terdampak Abu Vulkanis di Kertha Gosa  

Ia mengungkapkan dalam pendakian bersama itu, tercatat sebanyak 48 orang berpartisipasi. Terdiri dari dari unsur Kesbangpolinmas, BPBD Karangasem, Disbudpar, Rapi, komunitas pendaki dan relawan. “Sampai di atas sekitar pukul 08.00 WITA langsung dilaksanakan persembahyangan bersama di puncak Gunung Agung sekaligus pengibaran Sang Saka Merah Putih untuk HUT ke-382 Kota Amlapura,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN