Petugas medis tentara yang terlibat dalam distribusi pasokan obat-obatan bekerja di apotek di tengah kekhawatiran penyebaran COVID-19 di Pyongyang, Korea Utara, 22 Mei 2022. (BP/Antara)

SEOUL, BALIPOST.com – Korea Utara (Korut) mengklaim bahwa wabah COVID-19 di negaranya sudah membaik. Namun klaim membaiknya wabah ini diragukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bahkan, WHO menyebut situasi di Korut semakin buruk, bukan lebih baik karena tidak ada data mandiri. Dikutip dari Kantor Berita Antara, media pemerintah Korea Utara mengatakan gelombang COVID telah mereda setelah jumlah kasus harian orang yang terjangkit demam mencapai 390.000 sekitar dua minggu lalu.

Pyongyang tidak pernah secara langsung mengonfirmasi mengenai jumlah orang yang positif terkena COVID. Tetapi para ahli menduga bahwa angka-angka yang dirilis melalui media yang dikendalikan pemerintah Korut tidak sesuai dengan kenyataan.

Baca juga:  Ganjar Sidak, Ditemukan Penumpang Abaikan Protokol Kesehatan

Hal itu membuat sulit untuk menilai skala situasi COVID di negara itu. “Kami berasumsi situasinya semakin buruk, bukan lebih baik,” kata kepala kedaruratan WHO Michael Ryan dalam sebuah video pengarahan pada Rabu (1/6).

Ryan mengatakan WHO tidak memiliki akses ke informasi apa pun di luar jumlah yang dilaporkan secara umum oleh media pemerintah Korut. “Kami memiliki masalah nyata dalam mendapatkan akses ke data mentah dan situasi aktual di lapangan,” kata Ryan.

Dia menambahkan bahwa WHO bekerja dengan negara tetangga Korut — seperti Korea Selatan dan China — untuk mencoba mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai situasi COVID di Korut. WHO telah menawarkan bantuan dalam beberapa kesempatan, termasuk vaksin dan pasokan kebutuhan lainnya.

Baca juga:  "Soft Skills" dan "Life Skills" Generasi Milenial

Korea Utara melaporkan lebih dari 96.610 orang mengalami demam di tengah penguncian nasional yang bertujuan menahan wabah COVID-19 pertama yang dikonfirmasi di negara miskin itu, menurut laporan kantor berita Korut KCNA pada Kamis. Namun, KCNA tidak menyebutkan apakah ada kematian baru akibat COVID-19.

KCNA mengatakan provinsi-provinsi di Korea Utara “mengintensifkan” kampanye anti-epidemi, termasuk memberlakukan beberapa langkah penguncian dan blokade pantai, meningkatkan produksi obat-obatan dan pasokan medis, serta melakukan upaya disinfeksi. Namun, pekerjaan-pekerjaan utama seperti bertani terus berlanjut.

Baca juga:  Soal Pembatasan Perpindahan Warga Antarprovinsi Cegah COVID-19, Ini Kata Wagub Bali

KCNA melaporkan bahwa Perdana Menteri Korea Utara Kim Tok Hun memeriksa sejumlah pabrik farmasi di tengah dorongan untuk menempatkan industri obat negara itu pada “tingkat baru yang lebih tinggi”, termasuk untuk memenuhi standar internasional.

“Produksi dan suplai obat yang cukup merupakan prasyarat untuk melindungi kehidupan dan kesehatan masyarakat dalam kampanye anti-epidemi yang ketat saat ini,” katanya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *