Suasana di depan rumah kos yang menjadi tempat tinggal terduga simpatisan ISIS, di Jalan Dinoyo Permai Timur, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (24/5/2022). (BP/Antara)

MALANG, BALIPOST.com – Universitas Brawijaya melakukan penelusuran terhadap aktivitas seorang mahasiswa berinisial IA (22) yang diamankan Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri. IA diduga simpatisan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Univerasitas Brawijaya Prof Abdul Hakim dalam jumpa pers di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (25/5) dikutip dari Kantor Berita Antara mengatakan bahwa pihak universitas saat ini tengah mengumpulkan data terkait kegiatan IA. Khususnya, pada saat berada di lingkungan kampus.

“Terkait kegiatan IA, saya masih mengumpulkan data. Staf sedang dalam proses pengumpulan data,” kata Abdul.

Abdul menjelaskan pengumpulan data terkait aktivitas IA yang diamankan Tim Densus 88 pada Senin (23/5) di sebuah rumah kos di kawasan Dinoyo, Kota Malang tersebut untuk mengetahui jejaring mahasiswa tersebut.

Baca juga:  ASN Tak Boleh Tolak Dipindahkan ke IKN

Menurutnya, penelusuran tersebut dilakukan pada jaringan-jaringan dan kelompok diskusi yang ada di lingkungan universitas, termasuk keikutsertaan IA pada unit kegiatan kampus yang ada di Universitas Brawijaya.

“Dia berjejaring dengan kelompok diskusi mana, unit kegiatan kampus mana, itu yang sedang kita kumpulkan datanya,” katanya.

Ia menambahkan hingga saat ini pihak Universitas Brawijaya masih belum menemui IA, karena Tim Densus 88 masih mendalami peranan dan informasi mendetail tentang peranan mahasiswa berusia 22 tahun itu sebagai simpatisan ISIS.

Baca juga:  Dua Jam Setelah Beraksi, Perampok Ibu Lurah Dibekuk

“Kami belum bisa menemui mahasiswa itu. Kami diminta bersabar, karena dia sedang didalami informasinya lebih detail terkait kegiatannya selama ini oleh Densus 88,” katanya.

Sebelumnya, Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri mengamankan satu orang terduga simpatisan ISIS di sebuah rumah kos yang ada wilayah Kota Malang, Jawa Timur pada Senin (23/5) kurang lebih pukul 12.00 WIB.

Satu orang yang diamankan oleh Tim Densus 88 tersebut merupakan mahasiswa Universitas Brawijaya berinisial IA, berusia 22 tahun. IA merupakan mahasiswa semester enam angkatan 2019 jurusan Hubungan Internasional.

Penangkapan terduga simpatisan ISIS di kawasan Jalan Dinoyo Permai Timur Kavling 2 nomor 7 RT03/06 Kelurahan Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru tersebut, disertakan dengan cukup bukti terkait keterlibatan IA dalam aksi tindak terorisme.

Baca juga:  Korban Jiwa Banjir Bandang di Kota Batu Bertambah

IA diduga terlibat dalam kegiatan mengumpulkan dana untuk membantu kegiatan ISIS di Indonesia. Selain itu, IA juga disebut mengelola media sosial dalam rangka untuk menyebarkan materi-materi ISIS terkait tindak pidana terorisme.

Selain itu, IA juga terlibat komunikasi intensif dengan seseorang berinisial MR, yang merupakan tersangka teroris kelompok Jamaah Ansharud Daulah (JAD) yang telah ditangkap pada awal 2022, terkait rencana amaliyah (bom bunuh diri) di fasilitas umum dan kantor-kantor polisi. (kmb/balipost)

BAGIKAN