Ni Kadek Heni Prikasih. (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Satu-satunya taekwondoin Bali yang menghuni pelatnas SEA Games Ni Kadek Heni Prikasih, atlet kyorugi yang turun di kelas (-46 kg), merupakan sosok atlet andalan timnas di ajang SEA Games Vietnam 2022. Terbukti, dari total 14 taekwondoin yang di pelatnas SEA Games, hanya 6 atlet termasuk Kadek Heni yang berkesempatan berlatih sekaligus try-out ke Spanyol selama sebulan.

Ketua Pengkab Taekwondo Indonesia (TI) Badung Tjhin Johanes, di Badung, Senin (16/5), menerangkan, Kadek Heni bersama atlet timnas lainnya bertolak ke Vietnam, pada Sabtu (14/5). “Kadek Heni termasuk atlet timnas lainnya ke Spanyol berlatih bersama peraih perak Olimpiade,” sebut Johanes.

Baca juga:  Mulai Diminati, Bus Sekolah Buleleng Dipadati Siswa

Selain itu, selama sebulan di Spanyol, timnas Merah-Putih juga melakukan serangkain latih-tanding meladeni taekwondoin asal negara Jepang, Cina, AS, berikut atlet asal negara lainnya, sekitar 7 negara.

Ia mengakui, 6 Taekwondoi pelatnas SEA Games merupakan unggulan dan proyeksi emas, di ajang Sea Games Vietnam. Johanes menyebutkan, juara SEA Games sebelumnya di Filipina 2019 berasal dari Negara Thailand, dan Kadek Heni di babak penyisihan harus mengakui ketangguhan atlet tuan rumah Filipina. “Padahal, Kadek Heni sempat unggul di ronde pertama dan kedua, namun memasuki ronde ketiga Kadek Heni kalah dan fisiknya drop. Hasil akhir atlet Thailand menyabet emas, dan taekwondoin Filipina merebut perak,” kenang Johanes.

Baca juga:  Jembrana Siapkan Anggaran Rp 1 Miliar Untuk UMKM

Karena itu, sebelum berlaga pada SEA Games kedua kali bagi Kadek Heni, atlet asal Badung ini digenjot keras fisik dan staminanya, termasuk teknik, serta taktik dan strateginya. “Kami berharap Kadek Heni bisa tampil maksimal dan sukses mendulang emas,” tuturnya.

Pasca SEA Games, Kadek Heni dipastikan kembali menghuni pelatnas Asian Games 2023. Pasalnya, Kadek Heni masuk atlet unggulan dan proyeksi turun di Asian di Games. “Timnas Merah-Putih mendapatkan kuota 5 atlet, yang berhak tampil pada Asian Games Huangzhou 2023,” terangnya. (Daniel Fajry/Balipost)

Baca juga:  Empat Taekwondoin Bali Ikuti Seleknas SEA Games

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *