Atlet vovinam menjalani pelatnas SEA Games di Tabanan. (BP/Ist)

TABANAN, BALIPOST.com – Tercatat 25 atlet Bali berlaga ke SEA Games Vietnam 2022. Mereka berasal dari Tabanan (11 atlet), Denpasar (5 atlet), Badung (4 atlet), Klungkung (2 atlet), serta Bangli, Gianyar dan Karangasem masing-masing seorang atlet.

Sekum KONI Tabanan, Made Nurbawa, di Tabanan, Kamis (5/5) menuturkan, ke-11 atlet Tabanan yang berlaga di SEA Games terdiri atas cabor vovinam (9 atlet) ditambah pencak silat dan judo masing-masing seorang atlet.

“Pejudo Tabanan yang tampil di SEA Games Kadek Anny Pandini, pesilat Kadek Adi Budiasta, serta 9 atlet vovinam,” ungkap pria yang akrab disapa Kadek Nur ini.

Baca juga:  Parkir Liar masih Marak di Ubud dan Jalan I.B. Mantra

Ke-9 atlet vovinam adalah IGA Gede Ary Wirawan, Dewa Gede Tomi Sanjaya, Nyoman Suryawan, Ni Made Ayu Ratih Daneswari, Wayan Wisma Pratama Putra, Efrie Surya Perdana, IGA Ngurah Suardyana, Manik Trisna Dewi Wetan dan Kadek Dwi Dharmadi. “Para atlet vovinam Tabanan ini berlatih di Lapangan Debes, ditangani pelatih Wayan Laba,” kata Kadek Nur.

Sebenarnya, atlet vovinam dari provinsi lain seperti Riau dan Lampung ikut bergabung di pelatnas, namun mereka tidak diberangkatkan ke Vietnam sebab kuota terbatas, dan hanya seorang atlet asal Klungkung yang ikut menghuni pelatnas di Tabanan.

Baca juga:  Bali Kirim Tiga Petinju ke Seleknas

Rencananya, kata dia, para atlet Tabanan akan minta restu sekaligus pamit pada bupati Tabanan, dan masih menunggu jadwal yang tepat. “Untuk sementara, di Bali belum terbentuk Pengprov Vovinam Indonesia (VI), sehingga dipantau langsung PB VI,” ucapnya.

Atlet vovinam asal Tabanan ini turun di nomor seni, baik tunggal, ganda maupun beregu. Ia mengakui, keberadaan atlet vovinam asal Tabanan sejak 2011, tepatnya ketika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games di Palembang. “Para atlet vovinam ini menghuni pelatnas di Tabanan sejak akhir 2022,” terangnya.

Baca juga:  Warung Dibobol Maling, Belasan Bungkus Rokok dan Uang Raib

Sementara, jadwal keberangkatan mereka ke Hanoi, pada 14 Mei 2022. “Atlet vovinam Indonesia bertarung mulai 16-23 Mei 2022,” ujarnya.

Kadek Nur menambahkan, pihaknya berharap atlet vovinam Indonesia bisa meraih prestasi terbaik, pada cabor bela diri warisan nenek moyang bangsa Vietnam ini. “Tuan rumah Vietnam memohon kepada negara yang memiliki atlet vovinam, supaya ikut berpartisipasi pada SEA Games Vietnam,” sebut Kadek Nur.

Kadek Nur merasa bangga, sebab di tengah pandemi yang menyebabkan terpuruknya ekonomi, masih bisa bangkit 11 atlet Tabanan dipercaya mengharumkan Merah Putih. (Daniel Fajry/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *