Salah satu remisi diserahkan petugas pada WBP di Bali. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Hari Raya Idulfitri juga banyak ditunggu warga binaan pemasyarakaran di seluruh Indonesia. Selain dapat menjalankan dharma agama, mereka yang berkelakuan baik di penjara juga diusulkan dapat remisi.

Idulfitri tahun ini, hampir 900 orang yang menerima remisi, persisnya ada sebanyak 899 orang narapidana di Bali menerima remisi. Dan pemberian remisi secara serentak diberikan pada 2 Mei 2022.

“WBP tahun ini yang mendapatkan remisi khusus Idul Fitri 1443 H sebanyak 899 orang, dan dua orang di antaranya langsung bebas,” ucap Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk.

Baca juga:  Sebanyak 26 Napi Terima Remisi Idul Fitri, Satu Langsung Bebas

Pemberian pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana diatur dalam UU RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, dan Kebijakan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 7 Tahun 2022 tentang perubahan kedua Atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 3 tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat.
Dari 899 penerima remisi, kebanyakan mereka dari LP Kerobokan. Rinciannya, Lapas Kelas IIA Kerobokan ada 253 orang, Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan 89 orang, Lapas Narkotika Kelas IIA Bangli 283, Lapas Kelas IIB Karangasem 59 orang, Lapas Kelas IIB Tabanan 32 orang, Lapas Kelas IIB Singaraja 28 orang, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Karangasem 14 orang, Rutan Kelas IIB Klungkung 19 orang, Rutan Kelas IIB Bangli 58 orang, Rutan Kelas IIB Gianyar 31 orang dan Rutan Kelas IIB Negara 33 orang.

Baca juga:  Parkir di Pinggir Jalan, Traktor Hilang

“Remisi adalah hak warga binaan. Remisi yang diperoleh hari ini merupakan bentuk penghargaan dan sekaligus hak yang diberikan oleh negara atas pencapaian warga binaan dalam berperilaku dan menerima pembinaan di lapas/rutan,” tandas Jamaruli yang sebentar lagi akan mengakhiri masa jabatanya di Bali itu. (Miasa/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *