Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jabatan Fungsional (Jagung) Dosen Unwar di Ruang Sidang Sri Ksari Mandapa Unwar, Selasa (26/4). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jabatan Fungsional (Jagung) Dosen Unwar di Ruang Sidang Sri Ksari Mandapa Unwar, Selasa (26/4). Acara dihadiri oleh Ketua Yayasan Kesejahteraa Korpri Provinsi Bali, Rektor Unwar, WR II, WR III Unwar, direktur pascasarjana unwar, dan dekan fakultas di lingkungan Unwar. Hadir pula direktur sekolah vokasi Unwar, narasumber, koordinator dan panitia inti sosialisasi, seluruh dosen yang telah memiliki NIDN, seluruh dosen dengan jabatan akademik lektor, serta seluruh dosen dengan jabatan akademik lektor kepala di Unwar.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., mengatakan sosialisasi dan Bimtek Jafung ini sangat penting. Sebab, masalah yang sangat besar dalam perguruan tinggi adalah sumber daya manusia (SDM), khusunya untuk Jafung dosen sebagai tenaga pendidik.

Baca juga:  Jalan Rusak Parah, Warga Kayuselem Pilih Berobat ke Karangasem

Masalah ini sering ditemui saat proses penyusunan akreditasi pada prodi dan perguruan tinggi. Saat ini tenaga pendidik untuk jabatan Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar masih sangat sedikit di Unwar dan sebaran di setiap prodi masih belum merata.

Dengan masalah ini perlu ada dorongan yang besar dan pendampingan secara intensif baik dalam bentuk sosialisasi, bimtek, dan lainnya. Sehingga dosen mampu mengurus kenaikan jabatan akademiknya tepat waktu. “Harapannya, kita bersama-sama mampu memecahkan masalah ini serta setiap dosen di Unwar taat administrasi khusunya dalam pengurusan jabatan fungsional,” ujar Prof. Widjana.

Baca juga:  Kerja Ikhlas Antarkan Prof. Dr. I Nyoman Putu Budiartha, SH.,MH. Jadi Guru Besar Unwar

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., menyampaikan apresiasi bagi penyelenggaran kegiatan ini. Dikatakan, setiap dosen wajib mengurus jabatan fungsional dengan tetap memberikan pendampingan.

Sehingga mempermudah dosen dalam mengurus hal tersebut. Apalagi, Yayasan dan Unwar telah memberikan beasiswa bagi dosen untuk melanjutkan studi S3.

Selain itu, dalam rekruitmen dosen baru juga telah diberikan persyaratan untuk wajib studi S3 setelah menjadi dosen di Unwar. “Saat ini kita harus satukan langkah dalam meningkatkan SDM untuk kemajuan Universitas Warmadewa,” tandasnya.

Baca juga:  Menjadi Lab Uji Sampel Swab, Bentuk Partisipasi Unwar Mempercepat Penanganan COVID-19

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Yayasan juga menyampaikan akan menaikan tunjangan dosen untuk jabatan akademik tertentu dengan beberapa persyaratan yang bertujuan untuk meningkatkan semangat dosen dalam mengurus jabatan akademiknya.

Acara diisi dengan pemaparan materi oleh Narasumber Dr. I Wayan Budiarta, SS., M.Hum., dengan moderator I Wayan Sudemen, M.Si. (bns/balipost)

BAGIKAN