Produk pupuk organik padat (POP) dan pupuk organik cair (POC) yang dihasilkan tim PKM Fakultas Pertanian Unwar yang diketuai Ir. A.A. Ngurah Mayun Wirajaya, MM., (tengah). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar pengabdian kepada masyarakat (PKM) “Pemanfaatan Kotoran Kelinci pada Kelompok Tani Ternak” di Kawasan Wisata Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Memanfaatkan dana hibah Riset Teknologi – Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek – BRIN), kegiatan PKM ini adalah salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan PKM menyasar kelompok “Wana Sari Merta” dengan jumlah kelinci 60 ekor.

PKM yang diberikan berupa penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan terkait pemeliharaan, pengolahan, dan pemanfaatan kotoran Kelinci. Materi yang diberikan berupa kemasan, labeling, pemasaran, manajemen kelembagaan dan budidaya tanaman oleh Ir. A.A. Ngurah Mayun Wirajaya, MM., budidaya tanaman dan bioteknologi oleh Ir. Made Sri Yuliartini, M.Si., dan budidaya Kelinci, pakan fermentasi, dan pembuatan pupuk organik padat dan cair oleh Dr. Ir. I Dewa Nyoman Sudita, MP.

Baca juga:  Tim Pengabdian Unwar Revitalisasi Perajin Perak di Desa Bongkasa Pertiwi

Ketua PKM, Ir. A.A. Ngurah Mayun Wirajaya, MM., mengatakan kegiatan PKM telah dilaksanakan dengan cara memberikan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan kepada kelompok tani ternak “Wana Sari Merta” di Kawasan Wisata Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Kegiatan telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan target, yaitu telah mampu menghasilkan produk pupuk organik padat (POP) dan pupuk organik cair (POC). Bahkan, POP dan POC telah terkemas dan telah memiliki label kemasan. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.