Pohon tumbang di Desa Datah, Kecamatan Abang menutup akses jalan raya Amlapura-Singaraja. Selain itu, pohon juga menimpa atap rumah milik warga setempat. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Karangasem dan sekitarnya, mengakibatkan bencana pohon tumbang, pada Rabu (20/4). Pohon tumbang yang terjadi di Desa Datah, Kecamatan Abang, menutup akses jalan raya Amlapura-Singaraja.

Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, mengungkapkan, pohon tumbang terjadi sekitar pukul 08:55 WITA. Pohon tumbang disebabkan akibat diguyur hujan deras beberapa jam. “Pohon yang tumbang jenis santen dengan diameter kurang lebih 40 cm dan panjang kurang lebih 10 meter menimpa jalan Nasional Amlapura – Singaraja. Kondisi sempat membuat arus lalin menjadi terganggu,” ucapnya.

Baca juga:  Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang, Timpa Pemotor, Rumah hingga Kos-kosan

Arimbawa menambahkan, untuk membersihkan material pohon itu, pihaknya dibantu oleh Tim Pemeliharaan Jaringan PLN, petugas kepolisian, TNI, serta Kawil Tegallanglangan. “Pembersihan memakan waktu sekitar 30 menit. Saat ini akses lalin sudah kembali normal,” katanya.

Dia menambahkan, selain menutup akses jalan raya, pohon tumbang juga menimpa atap dapur rumah warga yang ada diseberang jalan. “Rumah warga yang tertimpa itu milik. I Ketut Buda Sana (45). Rumah yang tertimpa itu hanya mengalami kerusakan ringan dibagian atapnya saja,” jelas Arimbawa. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Kasus Korupsi Dana PNPM di Rendang, 1 Tersangka Lagi Ditetapkan
BAGIKAN