Tim medis menyambut kedatangan para astronaut China di landasan pendaratan Gurun Gobi setelalah selesai menjalani misi enam bulan bersama Shenzhou-13. (BP/Antara)

BEIJING, BALIPOST.com – Tiga astronaut China yang mengawaki Shenzhou-13 kembali ke bumi dengan selamat pada Sabtu (16/4) pagi. Mereka mencatat rekor terlama berada di orbitnya.

Kapsul yang menaungi ketiga astronaut tersebut menyentuh landasan Dongfeng, yang berada di tengah Gurun Gobi di Daerah Otonomi Mongolia Dalam tepat pukul 09.56 waktu setempat (08.56 WIB). Dikutip dari Kantor Berita Antara, wahana itu sebelumnya melakukan perjalanan selama sekitar sembilan jam dari stasiun ruang angkasa milik China.

Baca juga:  Setelah Beberapa Pekan Nihil Kasus, China Kembali Temukan Varian Delta

Ketiga astronaut tersebut, yakni Zhai Zhigang, Wang Yaping, dan Ye Guangfu menjalankan misi Shenzhou-13 di orbitnya selama enam bulan. Artinya, mereka memecahkan rekor Shenzhou-12, yang hanya 92 hari.

Tim medis memastikan ketiga awak pesawat tersebut berada dalam keadaan sehat. Ketiga astronaut keluar dari kapsul yang mendarat di gurun yang membatasi China dengan Mongolia dan Rusia itu pada pukul 11.05 dan langsung beradaptasi dengan gravitasi bumi, kata Badan Antariksa China (CMSA).

Baca juga:  Almarhum Mantan Ketua PHDI Diaben di Singaraja

Setelah misi Shenzhou-13 berhasil, Stasiun Luar Angkasa China akan memasuki fase konstruksi di orbit dengan dua modul lab yang akan ditambahkan ke modul inti. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *