Ilustrasi uang.. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Bali Trisno Nugroho, Rabu (6/4) mengatakan, dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri, BI bekerjasama dengan perbankan menyediakan 10 tempat penukaran uang di Denpasar. Selain itu terdapat juga 294 tempat penukaran di seluruh Bali.

Jumlah ini juga termasuk mobil kas keliling Bank Indonesia. “Karena masih Covid-19 sehingga kami masih menerapkan prokes, masyarakat masih tetap bisa menukar ke kantor setiap Kamis, untuk permintaan yang tidak banyak, misalnya dari pemda, media, karena masih antisipasi prokes,” ujarnya.

Baca juga:  Penentuan 1 Syawal, PW NU Bali akan Gelar Sidang Rukyah

BI juga sudah meminta izin pada Satgas penanganan Covid-19 Bali untuk menyediakan tempat penukaran uang pecahan kecil. “Sudah izin, makanya kita coba di luar karena sudah 2 tahun tidak ada penukaran uang kecil. Jadi nanti ada kas keliling yang akan disiapkan. Masyarakat tidak perlu berebut karena ada ratusan kas keliling yang kami sediakan,” ujarnya.

Bank Indonesia menerima penukaran uang rusak dan tidak menerima penukaran uang baru. Uang baru dapat diperoleh di kantor-kantor bank komersial tergantung ketersediaan dari bank tersebut.

Baca juga:  Properti Bali Mulai Bergairah, Tipe Ini yang Paling Tinggi Peningkatannya

Dalam rangka Idulfitri ini, Bank Indonesia menyiapkan uang sebanyak Rp 3 triliun. Jumlah ini dikatakan hampir sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Selain menyiapkan uang tunai, ia juga mengajak masyarakat memanfaatkan kanal-kanal pembayaran noi tunai yaitu QRIS, karena sudah ada 434 ribu merchant di Bali yang siap melayani dengan QRIS.

Seiring peningkatan jumlah merchant, pengguna juga terus mengalami peningkatan. Data terakhir di 2022 menunjukkan terjadi peningkatan pengguna sebesar 34 persen. (Citta Maya/balipost)

Baca juga:  Sempat Naik ke Gunung Agung, Mangku Badra Lihat Belum ada Tanda-tanda Perubahan
BAGIKAN