Petugas mengecek BTS XL Axiata. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkuat jaringan telekomunikasinya guna menghadapi Ramadan dan Lebaran tahun ini. Penguatan jaringan data perlu dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan di sepanjang Ramadan dan terlebih saat libur panjang Lebaran.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam rilisnya mengatakan dengan adanya pelonggaran mudik Lebaran, mobilitas masyarakat kemungkinan besar akan meningkat.  Trafik semua layanan telekomunikasi, terutama data, akan meningkat. Penguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus kami lakukan, baik di pemukiman maupun di area tujuan mudik.

Baca juga:  Bayi Dibuang di Cucian Mobil

“Secara umum, kami telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar, hingga 2x dibandingkan hari normal,” katanya, Senin (28/3).

Gede memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10% selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa. Sedangkan untuk libur Lebaran, diperkirakan meningkat hingga 15%.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah  yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa, akan menjadi perhatian khusus.

Baca juga:  Seluruh Peserta Pemilu 2019 Serahkan Laporan Dana Kampanye

Lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian. Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, juga laut.

Juga tentunya penguatan jaringan di sepanjang jalan raya antar provinsi, baik tol maupun non-tol, baik di Pulau Jawa maupun di luar Jawa. Selain itu, XL Axiata juga memperhitungkan kemungkinan peningkatan trafik yang terpacu oleh perkembangan teknologi.

Baca juga:  XL HOME Kini Hadir di Jawa Timur

“Saat ini, di hari normal biasa, trafik jaringan data XL Axiata sebesar 22 PB (Petabyte). Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3x dari hari normal,” imbuh Gede. (kmb/balipost)

BAGIKAN