Kerabat dari penumpang pesawat China Eastern Airlines berada di dekat lokasi jatuhnya pesawat itu pada Rabu (23/3). (BP/AFP)

WUZHOU, BALIPOST.com – Sebuah kotak hitam dari pesawat China Eastern yang jatuh pada Senin (21/3) siang ditemukan Rabu (23/3). Proses evakuasi kecelakaan pesawat yang paling mematikan bagi China dalam 3 dekade ini masih terus dilakukan.

Dikutip dari AFP, penyelidik mencoba untuk menentukan apa yang membuat jet yang membawa 132 penumpang itu menukik ke lereng gunung di China selatan. Penyebab tragedi ini telah membingungkan otoritas penerbangan yang menjelajahi medan terjal untuk mencari petunjuk, tidak menemukan korban selamat.

“Sebuah perekam penerbangan ditemukan dari penerbangan China Eastern MU5735 pada Rabu,” Liu Lusong, juru bicara otoritas penerbangan China, mengatakan kepada wartawan.

Media pemerintah kemudian mengatakan itu rusak parah.

Pesawat Boeing 737-800, dilengkapi dengan dua perekam penerbangan: satu di kabin penumpang belakang yang melacak data penerbangan, dan yang lainnya perekam suara kokpit. “Saat ini, tidak jelas apakah itu perekam data atau perekam suara kokpit” yang telah ditemukan, kata Mao Yanfeng, seorang pejabat di Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC), menurut media pemerintah.

Baca juga:  Mulai Pukul 15.00, Lalin Kawasan Jalan Danau Tamblingan Ditutup

Para pejabat telah menahan diri untuk tidak menyatakan semua penumpang tewas meskipun ada serpihan logam bengkok dan barang-barang hangus ditemukan tim pemulihan di lereng gunung. TV pemerintah menunjukkan tim penyelamat mengambil kotak oranye terang dan memasukkannya ke dalam kantong plastik bening.

Pekerjaan penyelamatan sedang berlangsung di zona kecelakaan seluas 45.200 meter persegi, kata para pejabat pada konferensi pers Rabu.

Tim penyelamat berpakaian oranye telah menggunakan anjing, drone, dan pemindai untuk menjelajahi puing-puing yang tersebar di lereng gunung. Pesawat Boeing 737-800 jatuh di dekat Wuzhou di Cina selatan pada Senin sore setelah kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Buka Lomba Mancing Air Deras ST Taman Swastika Banjar Alangkajeng

Sampai saat itu, komunikasi dengan staf darat berjalan normal, lapor media pemerintah.

Situs pelacak penerbangan FlightRadar24 menunjukkan jet itu turun tajam dari ketinggian 29.100 ke 7.850 kaki (sekitar 8.900 ke 2.400 meter) hanya dalam waktu satu menit. Setelah naik sebentar, pesawat turun lagi ke 3.225 kaki.

Komunikasi dengan pesawat dan kru berjalan normal. Kapten memiliki lebih dari 6.700 jam pengalaman penerbangan dan kopilot pertama memiliki lebih dari 31.000 jam waktu penerbangan, menurut pejabat pada konferensi pers hari Rabu.

Ada co-pilot kedua di pesawat, dengan lebih dari 550 jam waktu penerbangan. Mereka semua dalam keadaan sehat tanpa masalah pribadi yang diketahui.

Tim penyelamat terpaksa menghentikan pencarian pada Rabu karena hujan meningkatkan risiko bagi tim yang bekerja di zona tersebut.

Baca juga:  Rapimnas Golkar Hasilkan Dua Keputusan, Ini Kata Prabowo

Seorang reporter CCTV negara bagian yang diberi akses ke area kecelakaan mengatakan ada risiko “longsor skala kecil” karena hujan telah membuat lereng curam tidak stabil.

Presiden Xi Jinping dengan cepat memerintahkan penyelidikan atas kecelakaan itu, mengirim pejabat senior Partai Komunis ke tempat kejadian, termasuk tangan kanannya, Wakil Perdana Menteri Liu He.

CAAC mengatakan akan melakukan inspeksi keamanan selama dua minggu di seluruh industri.

Pihak berwenang telah menutup akses ke lokasi kecelakaan dan memblokir media asing untuk berbicara kepada kerabat yang putus asa yang berkumpul di Wuzhou.

China Eastern mengatakan pesawat yang jatuh, yang berusia hampir tujuh tahun, telah memenuhi semua persyaratan kelaikan udara sebelum penerbangan.

Otoritas penerbangan mengatakan pengumpulan bukti yang lebih teliti diperlukan sebelum sampai pada kesimpulan apa pun. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN