Pelaksanaan Upacara Mapepada Wewalungan sebelum Tawur Agung Kesanga digelar di Catus Pata Bangli. (BP/Dokumen)

BANGLI, BALIPOST.com – Upacara tawur agung serangkaian hari raya Nyepi akan digelar Rabu (2/3). Seperti tahun-tahun sebelumnya Tawur Agung dilaksanakan di areal Catus Pata Bangli.

Mengingat situasi masih pandemi COVID-19, peserta tawur agung dibatasi. Plt. Kabag Kesra Setda Bangli Jero Penyarikan Widata Selasa (1/3) mengatakan upacara Tawur Agung dijadwalkan dimulai sekitar pukul 09.00 WITA dan selsai sebelum pukul 12.00 WITA.

Baca juga:  Suasana Nyepi Disenangi Turis Penekun Spiritual

Upacara akan dihadiri Muspida dan pegawai di lingkungan Pemkab. Karena situasi masih pandemi, sesuai arahan Bupati, pegawai yang dilibatkan jumlahnya terbatas 10 orang per OPD.

Upacara Tawur Agung juga akan diiringi tarian wali dan wayang. Sehari jelang pelaksanaan Upacara Tawur Agung, kata Jero Widata, Selasa (1/3) pagi telah dilaksanakan Upacara Mapepada Wewalungan.

Tujuan dilaksanakan upacara ini yakni untuk menyucikan sarana bhakti wewalungan (hewan) yang akan digunakan sebagai korban suci saat upacara tawur agung. Diantaranya seperti kerbau, banteng dan hewan lainnya.

Baca juga:  Jalan di Kayupadi Tertimbun Longsor, Akses Terganggu

Jero Widata juga mengatakan bahwa sehari jelang pelaksanaan tawur agung, areal catus pata yang akan jadi tempat pelaksanaan upacara tawur juga sudah ditutup sementara. Di areal tersebut kini telah ditempatkan sarana banten yang akan dipakai upacara tawur. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN