Sebuah pesawat Singapore Airlines yang tiba dari Singapura mendarat di terminal internasional di Bandara Sydney, pada November 2021. (BP/Antara)

SYDNEY, BALIPOST.com – Australia pada Senin (21/2), membuka kembali perbatasan internasionalnya bagi para pelancong yang telah divaksinasi COVID-19. Pembukaan ini setelah hampir dua tahun ditutup terkait pandemi.

Lebih dari 50 penerbangan internasional akan mencapai negara itu sepanjang hari, termasuk 27 mendarat di Sydney, kota terbesarnya. Sektor pariwisata dan perhotelan berusaha untuk bangkit kembali setelah dihantam oleh pembatasan COVID-19.

“Ini adalah hari yang sangat menyenangkan, hari yang telah saya nantikan sejak lama, sejak saya pertama kali menutup perbatasan itu tepat pada awal pandemi,” kata Perdana Menteri Scott Morrison dikutip dari Kantor Berita Antara.

Bandara menyaksikan reuni emosional, termasuk Sue Witton, yang tidak melihat putranya Simon selama dua tahun. “Tujuh ratus dua puluh empat hari terpisah dan itu berarti bagi hidupku. Aku tidak ingin melepaskannya, itu sangat indah. Terima kasih telah menerimaku kembali. Aku sangat bersyukur, sangat, sangat bersyukur, ” katanya kepada wartawan di Bandara Melbourne.

Baca juga:  Australia Percepat Pemberian Vaksin Booster Covid-19

Pariwisata adalah salah satu industri terbesar di Australia, bernilai lebih dari 60 miliar dolar Australia (43 miliar dolar AS) dan mempekerjakan sekitar 5 persen tenaga kerja negara itu. Tetapi sektor ini lumpuh setelah negara itu menutup perbatasannya pada Maret 2020.

“Ini adalah pesta di sini, pemutaran musik, senyum di wajah orang-orang, mereka akan segera menari, saya yakin,” kata Menteri Pariwisata Dan Tehan kepada penyiar ABC di bandara Sydney saat dia memberi para pelancong toples Vegemite, bumbu khas Australia, dan mainan boneka koala.

Baca juga:  BRI Perkuat Komitmen untuk Sustainable Finance di Indonesia

Tehan mengatakan dia berharap untuk rebound “sangat kuat” di pasar pariwisata, dengan Qantas ingin menerbangkan lebih dari 14.000 penumpang ke Australia minggu ini. Virgin Australia mengatakan melihat tren positif dalam pemesanan domestik dan terus menilai permintaan untuk penerbangan internasional.

Semua kereta api di Sydney, sementara itu, dibatalkan pada Senin setelah perselisihan gaji antara serikat pekerja dan pemerintah negara bagian, mengurangi beberapa kecerahan dari pembukaan kembali.

Pernah menjadi juara strategi penekanan COVID, Australia beralih dari kontrol bergaya benteng dan penguncian tanpa henti sejak akhir tahun lalu dan mulai hidup dengan virus setelah mencapai tingkat vaksinasi yang lebih tinggi. Migran terampil, pelajar internasional, dan backpacker telah diizinkan terbang ke Australia sejak November dalam upaya pembukaan kembali yang terhuyung-huyung.

Baca juga:  Presiden Jelaskan Upaya Tahan Kenaikan Harga Pertalite

Ketika perbatasan dibuka kembali sepenuhnya, wabah varian Virus Corona Omicron di Australia tampaknya telah melewati puncaknya dengan penerimaan rumah sakit terus menurun selama tiga minggu terakhir. Sebagian besar total pandemi Australia sekitar 2,7 juta kasus yang dikonfirmasi telah terdeteksi sejak munculnya Omicron pada akhir November. Total kematian mencapai 4.929.

Lebih dari 15.600 kasus baru dan 17 kematian didaftarkan pada tengah hari pada Senin dengan dua negara bagian akan melaporkan nanti. (kmb/balipost)

BAGIKAN