ASN saat mengikuti Gerakan Bersama Puputan Sampah Plastik. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung Nyoman Suwirta mengakui belum berhasil merubah pola pikir sebagian besar masyarakat dalam mengelola dan memerangi sampah plastik. Ini terlihat dari keberadaan sampah plastik yang masih mencemari lingkungan.

Ia meminta seluruh ASN untuk menjadi agen perubahan di lingkungannya dalam menumbuhkan kesadaran pentingnya mengelola sampah plastik demi kelestarian lingkungan. Hadir dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2022, di Pantai Pesinggahan hingga Rest Area Goa Lawah Kecamatan Dawan Klungkung, Jumat (18/2), ia menilai perilaku masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungannya masih tinggi. Warga masih suka mencari celah dan tempat untuk membuang sampah plastiknya.

Baca juga:  Hujan Angin Kembali Landa Buleleng, Akses Jalan Tertutup Pohon Tumbang

Untuk itu Bupati Suwirta meminta seluruh ASN harus mampu menjadi agen perubahan dan mengajak warga untuk ikut bersama-sama memerangi dan mengelola sampah plastik. Bupati Suwirta kembali menugaskan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung, untuk menggencarkan lagi sosialisasi pemilahan sampah kepada masyarakat.

Karena menurutnya, belakangan ini kedisiplinan warga dalam memilah sampah sudah mulai menurun. “Warga mengeluarkan sampahnya dari rumah tidak sesuai jadwal/waktu yang telah ditentukan sehingga banyak sampah berserakan di jalanan,” katanya.

Baca juga:  Jaksa Berencana Hadirkan Mantan Bupati Candra di Sidang TPPU Wisnaya

Kepada pengelola objek wisata dan perkantoran supaya menyediakan dan menambah tempat tempat pembuangan sampah. Sehingga warga yang berkunjung tidak kesulitan saat akan membuang sampah pada tempatnya.

Ia berharap semoga dalam aksi kali ini, dapat menggugah warga untuk ikut memerangi sampah plastik. Ke depan, pihaknya akan gencarkan lagi sosialisasi pengelolaan sampah plastik melalui sebuah video layanan masyarakat ke desa desa, sekolah hingga perkantoran.

Baca juga:  Dari Cabuli Pelajar Umur 10 Tahun hingga Meninggal Terinfeksi COVID-19

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2022 mengambil tema “Kelola Sampah Kurangi Emisi Bangun Proklim”. Kegiatan yang dipimpin oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ini diikuti oleh Sekertaris Daerah Gede Putu Winastra, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ASN dilingkungan Pemda Klungkung serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung yang dipimpin oleh Ny. Ayu Suwirta. Melalui aksi ini, sepanjang pantai ini kini terlihat bersih dan tertata rapi. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN